Tips Sukses Presentasi untuk Guru

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, July 27, 2012

Tips Sukses Presentasi untuk Guru

Guru dan Presentasi

Guru mana coba, yang tidak pernah melakukan presentasi? Pasti setiap guru harus melakukan presentasi, walaupun tidak dilakukan pada setiap pembelajaran yang dilaksanakannya. Presentasi adalah aktivitas yang cukup sering dilakukan dalam kegiatan sehari-hari guru saat menjalankan tugasnya. Nah, mengingat pentingnya presentasi atau keterampilan melakukan presentasi bagi seorang guru, maka tak ada salahnya jika blog ini mencoba memaparkan beberapa tips sukses presentasi untuk guru yang dapat diikuti oleh guru saat akan dan saat melakukan presentasi.

Tips 1:

Lakukan persiapan yang matang sebelum melakukan presentasi. Presentasi yang terencana dengan baik akan memberikan gambaran bagaimana nantinya guru akan tampil secara efektif di hadapan siswanya.

Tips 2 :

Pahami dengan baik materi yang akan dipresentasikan. Kan gak lucu jika guru sendiri memberikan sesuatu yang tidak dipahaminya dengan baik kepada siswanya. Jika perlu sebelum presentasi,kaji ulang secara mendalam lagi materi tersebut, meskipun anda merasa bahwa hal tersebut sudah ada di luar kepala anda.

Tips 3:

Sebelum menulis presentasi di slide, terlebih dahulu tetapkan tujuan (pembelajaran) yang ingin dicapai melalui sesi presentasi itu. Hal ini dimaksudkan agar presentasi yang dibuat oleh guru tidak melenceng ke sana ke mari.

Tips 4:

Ingat KISS (Keep It Short Simple)! Bila guru membuat presentasi dengan menggunakan power point, misalnya. Maka  tips yang ke 4 ini wajib diingat saat guru mulai menyentuh tuts keyboard. Keep it short and simple (Buatlah presentasi yang pendek dan simple). Jika anda pernah mengikuti sebuah presentasi dengan slide yang penuh kata-kata dan panjang, saya yakin, saat itu anda pasti merasa amat bosan dan tidak berminat mendengarkan si presenter atau memolototi slide-slide itu.

Tips 5:

Manfaatkan visual, dapat berupa simbol, gambar, grafik, foto, tabel atau apapun. Tapi perlu diingat pula, visual yang disajikan memang diperlukan dan mendukung materi yang akan disampaikan. Bukan visual tanpa makna yang justru nantinya akan membuat konsentrasi siswa dan fokus mereka pada materi terganggu.

Tips 6:

Lakukan kontak pandang dengan siswa. Hm.., sepertinya ini bukan hal yang asing bagi guru bukan? Melakukan kontak pandang dengan siswa akan menjamin bahwa mereka memperhatikan presentasi yang anda sampaikan. Dan tentu saja, sekalian sebagai bentuk pengelolaan kelas.

Tips 7:

Sediakan waktu bagi siswa untuk bertanya atau menanggapi presentasi yang anda berikan. Buat komunikasi banyak arah (guru-siswa, siswa-guru, dan siswa-siswa). Melakukan presentasi bukan berarti guru satu-satunya aktor di dalam kelas.

Tips 8:

Setelah presentasi selesai (pembelajaran selesai), lakukan refleksi terhadap kegiatan yang baru saja anda lakukan tsb. Bila menurut anda, sebagai guru anda belum dapat melakukan presentasi sebagaimana yang anda harapkan atau rencanakan, rileks saja. Cari di mana kekurangannya. Jika anda meresa presentasi sudah sebagaimana yang anda inginkan, pertahankan. Bahkan, kalau perlu cari di bagian mana kekuatan-kekuatan anda. Jadikan semuanya sebagai pengalaman untuk menjadi semakin baik di presentasi yang akan datang.
Nah, itulah delapan tips sukses presentasi untuk guru yang dapat diberikan kali ini, semoga aplikatif dan berguna.Sampai jumpa pada artikel berikutnya di blog ptk dan model pembelajaran ini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...