Laporan PTK: Peningkatan Motivasi

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Monday, April 9, 2012

Laporan PTK: Peningkatan Motivasi

Peningkatan Motivasi Menghafal Surat Pendek Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits dengan Media Audio Visual pada Kelas II MI Al-Hikmah Buduran Sidoarjo

Binti Afdrikah (MI Hayatul Islamiyah, Malang)


Sumber:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam Volume 01, Nomor 01, Juni 2010 Halaman 66 - 76

Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemudahan para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan senang hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).

Abstrak:
Usaha guru dalam membantu murid untuk mencapai tujuan adalah guru dituntut mampu memilih bahan ajar atau materi pendidikan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Disamping memilih bahan ajar yang sesuai, guru selanjutnya memilih dan menetapkan metode dan sarana ataupun media yang paling tepat dan sesuai dalam penyampaian bahan dengan mempertimbangkan faktor situasional serta diperkirakan dapat memperlancar jalanya prose belajar-mengajar pendidikan agama khususnya materi Al-Qur’an Hadits. Dengan kreatifitas guru memberikan kemudahan kepada siswanya untuk menyukai materi pembelajaran yang menyenangkan yaitu dengan menggunakan media audio visual pada pelajaran al-Qur'an Hadits, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif serta dapat membangkitkan motivasi menghafal siswa, belajar untuk bekerjasama dan mengkomunikasikan hasil belajarnya, serta anak semakin aktif dan kreatif dalam upaya menghafal surat pendek dalam al-Qur'an dan Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan menghafal siswa terhadap surat pendek dalam al-Qur'an setelah menggunakan media audio visual dan bagaimana aktifitas siswa, serta sejauh mana kerjasama yang dimunculkan dalam pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian dengan menggunakan media audio visual terbukti signifikan yakni, (1) meningkatkan motivasi menghafal siswa yang diikuti dengan (2) peningkatan aktifitas siswa, serta (3) pemunculan kreatifitas siswa dalam pembelajaran.

Kata kunci:
Motivasi Menghafal, Media Audio Visual

PENDAHULUAN
Pendidikan islam di Indonesia seringkali berhadapan dengan berbagai problematika yang tidak ringan. Diketahui bahwa sebagai sebuah sistem pendidikan islam mengandung berbagai komponen antara satu dan lainya saling berkaitan. Komponen tersebut meliputi landasan, tujuan, kurikulum, kompetensi dan profesionalisme guru, pola hubungan guru dengan murid, metodologi pembelajaran, sarana prasarana, evaluasi, pembiayaan dan lain-lain. Berbagai komponen yang terdapat dalam pendidikan ini seringkali berjalan apa adanya, alami, tradisional, karena dilakukan tanpa perencanaan konsep yang matang. Akibat dari semua itu, maka mutu pendidikan islam seringkali menunjukan keadaan yang kurang menggembirakan.

Dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, .................baca selengkapnya makalah ini langsung dari sumber aslinya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...