Penelitian Tindakan Kelas – Hasil yang Diharapkan

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, February 20, 2009

Penelitian Tindakan Kelas – Hasil yang Diharapkan


Secara umum, hasil yang diharapkan bila guru telah melakukan penelitian tindakan kelas (PTK/classroom action research) adalah sebuah peningkatan atau perbaikan (improvement and theraphy), antara lain sebagai berikut.

Peningkatan atau perbaikan terhadap kinerja belajar siswa di sekolah

Seorang guru yang melakukan PTK di kelasnya sendiri pada mulanya mungkin merasakan adanya suatu permasalahan dalam kinerja belajar siswa-siswanya. Itu adalah latar belakang yang membuatnya tertarik untuk melakukan penelitian. Jika ia melakukannya dengan benar (asumsi: ia melakukan tindakan atau action yang benar), maka dapat dipastikan akan terjadi peningkatan atau perbaikan terhadap kinerja belajar siswa-siswa di kelasnya.

Peningkatan atau perbaikan terhadap mutu proses pembelajaran di kelas

Mutu atau kualitas proses pembelajaran jangan dianggap remeh. Justru inilah yang harus diperhatikan seorang guru yang efektif. Kualitas proses pembelajaran  (KBM) menentukan kualitas hasil pembelajaran. Tidak akan diperoleh perbaikan atau peningkatan kualitas hasil belajar siswa tanpa ada perbaikan atau peningkatan mutu proses pembelajaran.

Peningkatan atau perbaikan terhadap kualitas penggunaan media, alat bantu belajar, dan sumber belajar lainnya

Pembelajaran yang baik hampir dapat dipastikan selalu menggunakan media, alat bantu, atau sumber belajar yang baik. Pemilihan dan tata penggunaan media, alat bantu serta sumber belajar berkaitan dengan kualitas proses, dan tentu juga akan berimplikasi terhadap kualitas hasil belajar. Guru yang melakukan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki kualitas penggunaan media, alat bantu dan sumber belajar akan dapat meperoleh hasil yang maksimal dari pemanfaatannya di kelas.

Peningkatan atau perbaikan terhadap kualitas prosedur dan alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur proses dan hasil belajar siswa

Evaluasi dalam dunia pendidikan memegang peranan yang amat penting. Sebagai salah satu komponen penting yang memiliki multi fungsi baik bagi sekolah, guru, orang tua, institusi tertentu, pengambil kebijakan, hingga siswa itu sendiri, maka PTK yang mencoba mengkaji tindakan untuk memperbaiki kualitas prosedur atau alat evaluasi pendidikan tentu akan sangat bermanfaat, terlebih-lebih jika digunakan dalam tujuan untuk mengukur proses dan hasil belajar siswa dalam suatu kegiatan pembelajaran.

Peningkatan atau perbaikan terhadap masalah-masalah pendidikan anak di sekolah

Beragam masalah-masalah pendidikan dihadapi para siswa. Setiap siswa punya masalah tersendiri yang bersifat unik atau umum, dan dapat bersifat berat atau  ringan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas oleh wali kelas atau guru bimbingan dan konseling, atau guru mata pelajaran akan dapat mencarikan solusi terbaik bagi permasalah-permasalahan tersebut.

Peningkatan dan perbaikan terhadap kualitas penerapan kurikulum dan pengembangan kompetensi siswa di sekolah

Kurikulum yang diterapkan di sebuah sekolah perlu dikaji dari berbagai aspek. Penelitian tindakan kelas dapat menjadi salah satu cara untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas penerapan kurikulum, sehingga pada akhirnya tuntutan kurikulum yaitu pengembangan kompetensi-kompetensi tertentu pada diri siswa melalui pembelajaran dapat dipenuhi.

Demikian ulasan mengenai hasil-hasil yang diharapkan dari suatu pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dari blog PTK dan Model Pembelajaran. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya. Salam.

Beberapa artikel tentang penelitian tindakan kelas:

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...