Penelitian (Research) – Definisi

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Saturday, February 21, 2009

Penelitian (Research) – Definisi

Penelitian (Research) – Definisi


Muhammad Faiq Dzaki

Seringkali penelitian (research) didefinisikan sebagai sebuah upaya menemukan pengetahuan baru. Dan hal ini memang sudah sewajarnya karena pengetahuan merupakan sesuatu yang dicari dan ingin dimiliki oleh manusia untuk dapat memahami hal-hal di sekitarnya. Dalam perkembangannya penelitian didefinisikan sebagai sebuah upaya menemukan jawaban secara ilmiah dari sebuah masalah yang dihadapi manusia. Ilmiah dalam konteks tersebut, diartikan sebagai berlandasakan atas bangunan ilmu tertentu. Dengan demikian pengetahuan yang bersifat ilmiah diperoleh melalui sebuah proses pendekatan ilmiah yang disebut penelitian ilmiah dan dibangun di atas teori tertentu.

Teori yang berkembang melalui penelitian yang sistematis dan terkendali akan dapat diuji validitas dan reliabilitasnya, artinya jika penelitian tersebut dilakukan oleh orang lain dengan metode dan kondisi yang sama akan diperoleh hasil yang sama pula. Jadi pendekatan ilmiah akan menghasilkan kesimpulan yang serupa bagi hampir setiap orang, karena pendekatan tersebut bersifat obyektif dan tidak diwarnai hal-hal yang bersifat subyektif.

Penelitian sebagai bentuk khusus dari metode ilmiah memiliki beberapa sifat yang penting, yaitu penelitian mempergunakan teknik-teknik yang teliti dan sistematik, dan pemecahan masalah didasarkan atas pengetahuan yang sejauh ini telah dicapai oleh penelitian yang terdahulu. Dengan bertolak pada pengetahuan itu, penelitian disusun secermat mungkin, dengan teknik-teknik yang memiliki validitas setinggi mungkin.

Pengumpulan data yang dilakukan penekannya adalah untuk menguji, bukan mutlak membuktikan, kebenaran atau ketidakbenaran hipotesis. Dalam penelitian dilakukan pengolahan data dan mengorganisasikannya dalam ukuran-ukuran kuantitatif atau kualitatif, yang kemudian dianalisis serta disimpulkan hasilnya. Selanjutnya hasil penelitian dilaporkan dalam bentuk yang sistematis, mengandung penjelasan masalah, tujuan, jenis penelitian, pengumpulan data, analisis dan kesimpulan.

Di bawah ini dituliskan beberapa arti penelitian, yang mana penelitian adalah :
¨ Proses pembuktian dari sebuah teori yang diajukan.
¨ Proses mencari atau menemukan jawaban secara cermat dan sistematik, dari pertanyaan atau hal-hal yang ingin diketahui jawabannya.
¨ Proses mencari jawaban secara ilmiah dari pertanyaan yang diajukan secara deduktif, induktif atau verifikatif.
¨ Proses mencari jawaban secara ilmiah melalui kegiatan kajian pustaka, pengumpulan data, pengolahan data, analisis dan penyimpulan.
¨ Kegiatan ilmiah untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.
¨ Kegiatan ilmiah guna menemukan pengetahuan baru, prinsip-prinsip umum, serta mengadakan ramalan generalisasi.

Sumber: Penelitian Tindakan Kelas, oleh DR. Sulipan, M.Pd.

Beberapa artikel tentang penelitian tindakan kelas:

4 comments:

www.katobengke.com said...

wah jangan2 nih kamu mau penelitian yah.....
aq doakan moga kamu mendapatkan hal baru biar kamu jadi prof yang menemukan sesuatu yang belum pernah ditemukan oleh orang lain

The Diary said...

kok postingannya semua tentang penelitian... lagi meneliti soal apaan nih??? tetap semangat ya...

btw makasih ya udah berkunjung ke blog saya dan udah kasih komentar...:)

Regards

Lyla
http://lylafitri.com

Anonymous said...

Penelitian emang butuh di zaman sekarang.....
to find
to search
to prove

Anonymous said...

Thank udah kunjung ke onlinec0mput3r.wordpress.com,,,
tapi lun dah pindah "rumah",he...
"rumah" lun yang baru di computerku23.blogspot.com...
datang ych!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...