Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (model tim ahli) – Langkah-Langkah Pembelajaran
Muhammad Faiq Dzaki
Langkah-langkah:
1) Siswa dikelompokkan dengan anggota ± 4 orang
2) Tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda
3) Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli)
4) Setelah kelomppok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali kekelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang subbab yang mereka kuasai
5) Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
6) Pembahasan
7) Penutup
Muhammad Faiq Dzaki
Langkah-langkah:
1) Siswa dikelompokkan dengan anggota ± 4 orang
2) Tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda
3) Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli)
4) Setelah kelomppok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali kekelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang subbab yang mereka kuasai
5) Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
6) Pembahasan
7) Penutup
7 comments:
keren2,tapi kacian yang kemampuannya dibawah rata2
thanks penjelasan yang simple tapi bermanfaat...
http://curhatguru.blogspot.com
pembelejaran ini sanagat berguna untuk anak-anak, dlm perkuliahan saya sudah menggunakan tipe ini
pembelajaran ini menuntut semua siswa aktif dan bertanggung jawab pada tugas masing-masing untuk ditularkan pada anggopta kelompok yang lain.
"from ismanto smp 1 kumai kalteng"
Makasih byk , bro admin ,bro penulis. Artikelnya sgt mmbantu...
kalau bleh cantumkan juga tujuan,alasan,kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran ini
KELEBIHAN Jagsaw :
- Melibatkan semua siswa dalam diskusi
- Meltih siswa mengemukakan pendapat, gagasan dsb dalam
- diharapkan siswa dapat lebih aktif karena yang terlibat adalah sesama mereka
- dst
KELEMAHAN Jigsaw :
- Model ini paling cocok diterapkan di daerah yang kultur belajarnya sudah kondusif
- Bagi siswa yang komunikasi sosialnya kurang bagus maka banyak kendala akan ditemukan
-dst
Post a Comment