Pendekatan Sains Teknologi Society (STS)

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Sunday, March 1, 2009

Pendekatan Sains Teknologi Society (STS)

Pendekatan Sains Teknologi Society (STS)
Muhammad Faiq Dzaki
Tak dapat disanggah, guru mempunyai peran penting untuk membantu siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Dengan demikian, siswa dapat membuat suatu keputusan yang bertanggung jawab mengenai isu-isu sosial, khususnya isu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Salah satu cara yang populer untuk memperkenalkan siswa dengan isu-isu sosial itu adalah dengan meminta kepada siswa untuk membawa artikel-artikel tentang sains, teknologi dan penggunaannya dalam masyarakat di dalam kelas sains. Mereka diberi pengarahan dan kesempatan yang cukup, agar dapat meneliti isu-isu itu dengan cara mengumpulkan fakta-fakta, merumuskan pendapat-pendapat mereka dan menarik suatu kesimpulan berdasarkan fakta-fakta yang ada.
Salah satu pendekatan yang dipandang tepat untuk digunakan dalam suatu pembelajaran IPA adalah pendekatan Sains Teknologi Society (STS) atau Sains Teknologi Masyarakat (STM). Karena pendekatan ini selalu mengaitkan antara sains, teknologi dan penggunaan sains dan teknologi itu dalam masyarakat. Dengan penggunaan pendekatan itu di dalam pembelajaran fisika maka dalam proses pembelajarannya, kita mempunyai konsekuensi bahwa selain kita menanamkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep atau prinsip-prinsip fisika, kita perlu juga menanamkan pemahaman siswa terhadap teknologi yang berkaitan dengan konsep itu, dan kemungkinan penggunaannya di lingkungan masyarakat atau dalam kehidupan sehari-hari.
Guru yang menyajikan materi fisika dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Society (STS) perlu memperhatikan beberapa hal, di antaranya adalah:
1. deskripsi materi IPA yang akan disajikan
2. diskripsi teknologi yang berkaitan dengan materi IPA
3. penggunaan teknologi itu di dalam masyarakat
4. kemungkinan adanya sikap serta permasalahan yang timbul akibat dari penggunaan teknologi itu di dalam masyarakat.
Deskripsi dari materi itu dapat meliputi antara lain:
1. uraian konsep
2. penggunaan matematika
3. penggunaan rumus
4. penyajian soal dan sebagainya.
Kemudian deskripsi teknologi dapat meliputi:
1. kegunaan teknologi
2. bagan gambar dari produk teknologi itu
3. prinsip kerjanya
4. keterkaitan antara teknologi itu sendiri dengan materi yang disajikan dalam pembelajaran IPA.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...