Manfaat Penggunaan Penilaian Portofolio

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, March 6, 2009

Manfaat Penggunaan Penilaian Portofolio

Manfaat Penggunaan Penilaian Portofolio

Muhammad Faiq Dzaki

Berikut ini dirinci beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan penilaian portofolio:

Pertama, portofolio memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri. Dengan demikian siswa dapat: (1) Mendokumenkan usaha‑usaha mereka, prestasi, dan perkembangannya dalam pengetahuan, keterampilan, ekspresi, dan sikap; (2) Menggunakan gaya pembelajaran yang berbeda, modalitas, dan intelegensi; (3) Menilai pembelajaran mereka dan memutuskan item mana yang terbaik yang menyatakan prestasi dan perkembangan meraka; (4) Menyusun tujuan pembelajaran selanjutnya.

Kedua, portofolio dapat digunakan untuk menentukan tingkat prestasi.

Ketiga, portofolio memungkinkan siswa menyajikan suatu pandangan holistic dari prestasi akademik yang tertinggi, keterampilan‑keterampilan dan kompotensi‑kompotensi.

Keempat, portofolio dapat digunakan. untuk menentukan perkembangan siswa. Portofolio memungkinkan siswa untuk menyajikan pekerjaannya lebih dari satu kali untuk menunjukkan kemajuan mereka dalam mencapai tujuan pembelajarannya.

Kelima, portofolio dapat digunakan untuk memahami bagaimana siswa berpikir, beralasan, mengorganisasi, menyelidiki, dan komunikasi. Portofolio dapat menyediakan pemahaman terhadap penalaran siswa dengan mendokumentasikan kemajuan berpikir siswa dan mendokumentasikan pekerjaan dalam mencapai tujuan pembelajaran mereka.

Portofolio juga dapat dibuat berdasarkan tujuan yang ingin diambil, misalnya portofolio atau pun koleksi pekerjaan siswa akan dapat: (1) Memberikan bukti tentang penggunaan keterampilan siswa, penggunaan konsep, dan pemecahan masalah dalam berbagai situasi; (2) Menunjukkan perkembangan siswa suatu suatu periode; (3) Melibatkan siswa dalam pendekatan "draft dan revisi" untuk mengerjakan pekerjaan dan memodelkan bagaimana pekerjaan sering dikerjakan di luar sekolah; (4) Memungkinkan siswa atau memberi kesempatan bagi siswa dalam menyajikan usaha mereka; (5) Memberi tanggung jawab kepada siswa untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri; (6) Menyediakan gambaran kepandaian/prestasi bagi para pendidik, orang tua, dan siswa.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.