Friday, February 20, 2009

Bidang Kajian Penelitian Tindakan Kelas

Bidang Kajian Penelitian Tindakan Kelas


Ada beberapa bidang kajian yang dapat dilakukan oleh guru sebagai peneliti dalam penelitian tindakan kelas (PTK guru), yaitu sebagai berikut:

Masalah belajar siswa 

Salah satu bidang kajian penting dalam ptk (penelitian tindakan kelas) adalah masalah belajar siswa di sekolah. Beberapa tema yang termasuk di dalam tema ini antara lain: masalah belajar di kelas, kesalahan-kesalahan pembelajaran, miskonsepsi.
bidang kajian penelitian tindakan kelas
Bidang kajian PTK itu apa saja ya?

Desain dan strategi pembelajaran 

Bidang kajian kedua yang patut diangkat sebagai bahan penelitian di kelas adalah desain pembelajaran atau strategi pembelajaran yang digunakan guru. Untuk bidang kajian yang kedua ini termasuk di dalamnya tema antara lain: masalah pengelolaan dan prosedur pembelajaran, implementasi dan inovasi dalam metode pembelajaran, interaksi di dalam kelas, partisipasi orangtua dalam proses belajar siswa.

Alat bantu, media dan sumber belajar 

Dalam penelitian tindakan kelas, sering juga diangkat bidang kajian tentang alat bantu mengajar, media pembelajaran yang digunakan oleh guru, hingga sumber belajar bagi siswa. Tema yang termasuk dalam bidang kajian ini, antara lain: masalah penggunaan media, perpustakaan, dan sumber belajar di dalam/luar kelas, peningkatan hubungan antara sekolah dan masyarakat.

Sistem asesmen dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran 

Sistem asesmen dan evaluasi baik dalam tahapan proses pembelajaran maupun pada hasil pembelajaran juga layak dikaji dengan ptk (penelitian tindakan kelas). Beberapa tema yang dapat diteliti oleh guru terkait bidang kajian sistem asesmen dan evaluasi ini antara lain: masalah evaluasi awal dan hasil pembelajaran, pengembangan instrumen asesmen berbasis kompetensi.

Pengembangan pribadi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan 

Bidang kajian pengembangan kepribadian siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan juga merupakan bidang kajian yang sering diteliti, baik saat melakukan ptk maupun pts (penelitian tindakan sekolah: yakni penelitian tindakan dengan level yang lebih luas yaitu sekolah). Tema yang dapat diteliti pada bidang kajian ini antara lain: peningkatan kemandirian dan tanggungjawab peserta didik, peningkatan keefektifan hubungan antara pendidik- peserta didik dan orangtua dalam PBM, dan peningkatan konsep diri peserta didik.

Masalah kurikulum 

Masalah-masalah yang berkaitan dengan kurikulum adalah bidang kajian yang juga dapat diteliti melalui penelitian tindakan kelas. Mungkin tema yang bisa diteliti seperti : implementasi KBK, KTSP, Kurikulum 2013, urutan penyajian materi pokok, interaksi guru-siswa, siswa-materi ajar, dan siswa-lingkungan belajar, dan sebagainya.

Demikian artikel tentang bidang kajian yang dapat diteliti melalui ptk (penelitian tindakan kelas). Semoga artikel di atas dapat memberi inspirasi bagi anda yang ingin melakukan penelitian. Silakan kunjungi kembali blog ptk dan model pembelajaran ini untuk artikel terbaru lainnya.

Beberapa artikel tentang penelitian tindakan kelas:

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.

Sponsor Kami