Penelitian Tindakan Kelas – Karakteristik PTK
Muhammad Faiq Dzaki
Beberapa pakar mengemukakan karakteristik penelitian tindakan kelas sebagai berikut :
¨ didasarkan atas masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran;
¨ dilakukan secara kolaboratif melalui kerja sama dengan pihak lain;
¨ peneliti sekaligus sebagai praktisi yang melakukan refleksi;
¨ bertujuan memecahkan masalah atau meningkatkan mutu pembelajaran; dan
¨ dilaksanakan dalam rangkaian langkah yang terdiri dari beberapa siklus;
¨ yang diteliti adalah tindakan yang dilakukan, meliputi efektifitas metode, teknik, atau proses pembelajaran (termasuk perencanaan, pelaksanaan dan penilaian);
¨ tindakan yang dilakukan adalah tindakan yang diberikan oleh guru kepada peserta didik.
Pakar yang lain menyebutkan ada enam karakteristik penelitian tindakan kelas (Winter: 1996), yaitu :
¨ kritik refleksi, yaitu adanya refleksi yang bersifat evaluasi pelaksanaan pembelajaran;
¨ kritik dialektis, yaitu adanya pandangan kritis dan obyektif terhadap kelemahan atau hambatan dalam pelaksanaan;
¨ kolaboratif, yaitu adanya kerjasama dengan pihak lain untuk mengamati atau sumber data atas masalah yang dihadapi dalam pembelajaran;
¨ resiko, berarti peneliti atau guru sendiri harus berani mengambil resiko bahwa hipotesisnya meleset atau beresiko untuk melakukan perubahan yang bersifat perbaikan;
¨ susunan jamak, yaitu bersifat reflektif, dialektis, partisipatif dan kolaboratif; dan
¨ intenalisasi teori dan praktik, artinya teori dan praktik bukanlah hal yang terpisah, tetapi hanya merupakan satu hal yang memiliki tahapan berbeda, yang saling bergantung satu sama lain, dengan demikian pengembangan teori akan berakibat pada praktik demikian juga pengembangan praktik yang berdampak pada teori.
Sumber: Penelitian Tindakan Kelas, DR. Sulipan, M.Pd.
Beberapa artikel tentang penelitian tindakan kelas:
No comments:
Post a Comment