Ciri-Ciri dan Keuntungan Penerapan Pembelajaran Tematik
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang dilakukan melalui penggunaan “tema” sebagai pemersatu, sebagai pusat perhatian yang dipergunakan untuk memahami gejala dan konsep. Pembelajaran Tematik dilaksanakan dengan menggunakan prinsip pembelajaran terpadu dari beberapa mata pelajaran melalui tema sebagai pemersatu. Dengan demikian, maka pembelajaran terpadu berorientasi pada praktek belajar yang melibatkan beberapa mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan anak (peserta didik). Melalui pembelajaran tematik terpadu maka akan terjadi perakitan dan penggabungan beberapa mata pelajaran yang berbeda dengan harapan anak akan belajar lebih baik dan bermakna.
Ciri khas pembelajaran tematik
Adapun beberapa ciri khas pembelajaran tematik jika ditinjau dari aspek siswa (peserta didik), yaitu:Pengalaman dan kegiatan belajar sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia sekolah dasar (SD).
- Kegiatan-kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
- Kegiatan belajar akan lebih bermakna dan berkesan bagi siswa sehingga hasil belajar dapat bertahan lebih lama.
- Membantu mengembangkan keterampilan berpikir siswa.
- Mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerjasama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
- Berpusat pada anak (siswa).
- Memberikan pengalaman langsung kepada anak (peserta didik).
- Pemisahan antar mata pelajaran tidak nampak.
- Menyajikan konsep dari beberapa mata pelajaran dalam satu PBM.
- Bersifat luwes sehingga memungkinkan kreativitas anak dan guru berkembang.
- Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
Keuntungan Menerapkan Pembelajaran Tematik Di SD
Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan pengimplementasian pembelajaran tematik di SD (sekolah dasar) bila kita tinjau dari aspek siswa dan guru, yaitu:- Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu.
- Siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai
- Kompetensi dasar antar matapelajaran yang dipelajari siswa berada dalam tema yang sama.
- Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
- Kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa.
- Siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas.
- Siswa lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari mata pelajaran lain.
- Guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan dapat dipersiapkaan sekaligus. Dengan menggabungkan beberapa kompetensi dasar dan indikator serta isi mata pelajaran akan terjadi penghematan, karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
- Siswa mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab isi/materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir.
- Pembelajaran menjadi utuh sehingga siswa akan mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang tidak terpecah-pecah.
- Dengan adanya pemaduan antar mata pelajaran maka dapat diharapkan penguasaan konsep oleh siswa akan semakin baik dan meningkat.
- Memberikan pengalaman dan KBM yg relevan dg tingkat perkembangan dan kebutuhan anak
- Menyenangkan, karena bertolak dari minat dan kebutuhan anak
- Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna
- Mengembangkan keterampilan berpikir anak sesuai dengan permasalahan yg dihadapi
- Menumbuhkan keterampilan sosial dalam bekerjasama
- Memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain
- Menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis sesuai dg permasalahan yg ditemui
No comments:
Post a Comment