Perbedaan Antara Teori Piaget dan teori Vygotsky tentang Egosentris dan Bicara Sendiri
Membicarakan psikologi pendidikan dan aspek-aspek yang dipelajari di dalamnya memang sangat menarik. Salah satunya adalah bila kita mencoba mendalami tentang
teori Piaget dan
teori Vygotsky. Berkaitan dengan perkembangan kognitif, dua ahli terkenal di bidang ini, yaitu Piaget dan Vygotsky mempunyai perbedaan pendapat tentang bagaimana
egosentris dan bicara terhadap diri sendiri pada anak. Tabel di bawah ini menunjukkan bagaimana teori belajar yang dikemukakan oleh Piaget berbeda dengan teori yang dikemukakan oleh Vygotsky, berkaitan dengan perkembangan kognitif. Perbedaan kedua teori mencakup hal-hal yang berkaitan dengan egosentris dan bicara sendiri pada anak-anak.
|
Egosentris? |
Tabel Perbedaan Teori Piaget dan teori Vygotsky tentang Egosentris dan Bicara Sendiri (Self Talk)
Pembeda | Teori Piaget | Teori Vygotsky |
Signifikansi Perkembangan | Merupakan ketidakmampuan untuk mengambil perspektif orang lain dan terlibat dalam komunikasi timbal balik. | Merupakan pemikiran eksternal, fungsinya adalah untuk berkomunikasi dengan diri sendiri dengan tujuan untuk bimbingan diri sendiri dan pengarahan diri sendiri. |
Proses Perkembangan | Berkurang dengan bertambahnya usia. | Bertambah pada usia yang lebih muda dan kemudian secara bertahap lenyap secara audial sehingga menjadi pemikiran verbal internal. |
Hubungan dengan Bicara Sosial | Negatif; anak yang kurang bersosialisasi dan matang secara kognitif menggunakan lebih banyak bicara egosentris. | Positif, bicara sendiri mengembangkan kemampuan sosial anak dengan orang lain. |
Hubungan dengan Konteks Lingkungan | - | Bertambah dengan semakin rumitnya tugas. Bicara sendiri membantu fungsi pembimbingan diri sendiri pada situasi di mana upaya kognitif dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan. |
No comments:
Post a Comment