Stoples Reward untuk Kelas Anda

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Sunday, March 2, 2014

Stoples Reward untuk Kelas Anda

trik menggunakan STOPLES PENGHARGAAN KELAS
STOPLES PENGHARGAAN KELAS

Stoples Reward untuk Kelas Anda

Pada artikel kali ini blog penelitian tindakan kelas ingin berbagi mengenai sebuah trik yang tentu dapat anda lakukan di kelas anda (kelas 1 - 6 SD atau sederajat). Trik yang dimaksud di sini adalah cara memberikan penghargaan atau reward untuk seluruh siswa-siswa di kelas anda. Beberapa guru mungkin sudah biasa memberikan reward secara klasikal untuk siswanya, misalnya dengan membolehkan siswa beristirahat lebih awal dari jadwal yang seharusnya karena mereka sekelas telah melakukan kegiatan kebersihan kelas dengan baik (semua berpartisipasi dengan bersemangat), atau mungkin karena sebab-sebab lain dengan tujuan untuk membuat semua siswa menjadi senang dan gembira dan terdorong secara kolektif untuk berperilaku positif.

Trik yang akan dibagikan kali ini boleh kita namakan STOPLES PENGHARGAAN KELAS. Berdasarkan namanya tersebut, maka trik ini membutuhkan sebuah stoples transparan sebagai tempat untuk menaruh bola-bola penghargaan yang diterima oleh kelas. Bagaimana caranya? Yuk disimak.

STOPLES PENGHARGAAN KELAS

  • Siapkan sebuah stoples bening ukuran sedang lengkap dengan tutupnya.
  • Siapkan sekantung bola-bola plastik warna-warni berdiameter sekitar 5 cm atau 3 cm yang banyak dijual tukang mainan anak.
  • Beri label dengan kertas bufallo berwarna cerah bertuliskan "STOPLES PENGHARGAAN KELAS" atau "STOPLES REWARD KELAS" dengan merekatkannya menggunakan selotip transparan.
  • Ketika siswa-siswa dalam pembelajaran berperilaku baik (belajar dengan tekun dan bersemangat) dalam pelajaran anda, berikan 1 bola berwarna kepada seorang siswa untuk dimasukkan ke dalam stoples.
  • Pada kesempatan pembelajaran yang lain, ketika siswa dapat belajar dengan tertib, berikan 1 bola berwarna lagi untuk dimasukkan ke dalam stoples.
  • Untuk kesempatan yang lain, mungkin anda dapat memberikan bola kepada salah seorang siswa karena seluruh siswa di kelas anda telah mengikuti upacara bendera dengan baik dan membentuk barisan paling rapi.
  • Berikan 1 bola berwarna setiap kali siswa-siswa di kelas berperilaku positif.
  • Apabila stoples telah penuh dan tidak dapat lagi ditutup rapat, maka berarti saatnya mereka semua mendapatkan hadiah dari anda: misalnya anda membacakan sebuah buku cerita untuk mereka, atau mereka semua boleh menonton sebuah video kartun favorit mereka, dan lain sebagainya.

Tips pelaksanaan terkait stoples penghargaan kelas:

  • Gunakan stoples yang ukurannya cukup menampung 10 -15 bola saja.Jangan menggunakan stoples yang terlalu besar atau kecil sehingga terlalu cepat penuh atau terlalu lama baru penuh.
  • Berikan hadiah yang benar-benar menarik. Ingat, menarik di sini bukan berarti mereka harus diberikan makanan seperti permen atau uang, tetapi lebih kepada hadiah yang sifatnya mendidik tetapi tetap menyenangkan.
  • Letakkan stoples di atas rak atau lemari dekat meja guru di depan kelas agar semua siswa dapat memantaunya.

Demikian trik "STOPLES PENGHARGAAN KELAS" untuk digunakan di kelas anda agar semua siswa terdorong untuk berperilaku positif. Selamat mencoba.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...