Monday, December 10, 2012

Definisi Model Pembelajaran

model pembelajaran adalah ....
Apa sebenarnya model pembelajaran itu?

Tinjauan Umum

http://penelitiantindakankelas.blogspot.com kali ini akan mengulas definisi model pembelajaran. Sebenarnya telah berkali-kali admin blog ini menegaskan dalam tulisan-tulisan sebelumnya tentang apa itu model pembelajaran, tetapi ternyata banyak pembaca yang masih menganggap bahwa definisi model pembelajaran masih sangat kabur. Baiklah, kini kita akan bahas topik ini secara lebih mendetail.

Definisi Model Pembelajaran

Model pembelajaran dapat didefinisikan sebagai desain pengajaran (instruksional) yang menggambarkan (mendeskripsikan) proses khusus dan penyediaan iklim belajar tertentu yang dapat membuat siswa berinteraksi sedemikian rupa sehingga terjadi perubahan perilaku misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dsb.(School of Education, PU: 2011).

Pendapat yang lebih sederhana menyebutkan bahwa model pembelajaran adalah standar  tingkah laku dalam mengajar yang teridentifikasi agar dapat mencapai situasi mengajar tertentu. (www.education.com).

Pakar pendidikan seperti Joyce dan Marsha Weil’s (1980) menyebutkan bahwa model pembelajaran adalah suatu rancangan atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (pembelajaran dalam jangka waktu lama), untuk mendesain bahan-bahan pembelajaran dan untuk mengarahkan guru mengajar serta setting lainnya di dalam kelas.

Karakteristik Model Pembelajaran

Setiap model pembelajaran mempunyai karakteristik-karakteristik tertentu yang membuatnya berbeda dengan model pembelajaran yang lain. Karakteristik ini pulalah yang dapat memberi bantuan kepada kita untuk menyimpulkan apakah praktek yang dilakukan guru di kelasnya merupakan praktek model pembelajaran atau bukan. Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh sebuah model pembelajaran antara lain: 

Penentuan strategi pembelajaran untuk melaksanakan pembelajaran

Misalnya, pada model pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran yang menonjol dilaksanakan adalah diskusi. Pada model pembelajaran kooperatif siswa lebih banyak melakukan diskusi di dalam kelompok-kelompok kooperatifnya. Sementara, pada model pembelajaran langsung, strategi yang lebih banyak digunakan guru adalah ceramah atau demonstrasi. 

Penggunaan terhadap model-model pembelajaran didukung oleh bukti empirik di lapangan

Setiap model pembelajaran yang telah dibakukan sebelumnya telah melewati rangkaian-rangkaian penelitian tentang efektivitasnya dalam pembelajaran.  

Setiap model pembelajaran mempunyai detil-detil pembelajaran yang khas yang membedakannya satu sama lain

Detil bagaimana melaksanakan model pembelajaran kooperatif berbeda dengan detil bagaimana melaksanakan model pembelajaran langsung.  

Peranan guru dalam setiap model pembelajaran bersifat khas

Misalnya, peran guru dalam model pembelajaran kooperatif lebih sebagai fasilitator agar setiap anggota kelompok dapat bekerja dan belajar di dalam kelompok mereka, sementara misalnya pada model pembelajaran langsung guru lebih berperan sebagai sumber informasi dimana guru menyajikan materi pembelajaran atau mendemonstrasikan suatu keterampilan.

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.