Tuesday, March 19, 2013

Jadwal UKA (Uji Kompetensi Awal) Sertifikasi Guru 2013

Artikel ini diupdate, karena ada perubahan jadwal UKA (Uji Kompetensi Awal) / UKG (Uji Kompetensi Guru tahun 2013).

Apakah anda guru belum bersertifikat pendidik dan merupakan calon peserta sertifikasi tahun 2013 ini? Blog PTK dan Model-Model Pembelajaran akan berbagi informasi tentang UKA (Uji Kompetensi Awal) Sertifikasi Guru 2013. Yuk disimak.

Update:

Perubahan Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Tahun 2013

Berdasarkan Surat dari Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (BPSDMP dan PMP) Nomor 05503/J2/LL/2013 tanggal 22 Maret 2013 Perihal Perubahan Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Tahun 2013 kepada seluruh Kepala LPMP se Indonesia yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Unifah Rosyidi maka jadwal pelaksanaan UKA/UKG mengalami perubahan. Berikut Rinciannya:

Pelaksanaan UKG (Uji Kompetensi Guru) Ditunda Ke Bulan Mei

Pelaksanaan UKG yang ditujukan bagi guru-guru belum bersertifikat (dulu dikenal dengan nama UKA (Uji Kompetensi Awal) untuk tahun 2013 ditunda sampai dengan bulan Mei 2013. Hal dilakukan karena anggaran pelaksanaan UKG masih dalam proses pembahasan ulang untuk proses pencairan.

Verifikasi TUKG dan Penunjukan Operator

Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota diwajibkan melakukan verifikasi kelayakan TUKG (Tempat Uji Kompetensi Guru) dan menunjuk operator yang kompeten untuk menjamin kelancaran dan ketepatan waktu pelaksanaan UKG online. Adapun persyaratan TUKG (Tempat Uji Kompetensi Guru) dan operator dijelaskan di bawah ini.

Persyaratan Tempat UKG Online

  1. Unit kerja pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat berupa lembaga pendidikan dan latihan (PPPPTK dan LPMP) atau lembaga pendidikan (SMP / SMK / SMA).
  2. Memiliki sumber daya manusia yang memahami Local Area Network (LAN) dan terbiasa bekerja dengan internet yang dapat akan ditugasi sebagai tim teknis sistem UKG online.
  3. Memiliki laboratorium komputer minimal 20 unit PC dan 1 server, yang terkoneksi dalam jaringan LAN (wajib pakai kabel).
  4. Spesifikasi PC Client minimal: (a) Processor Intel Pentium 3 - 600Mhz; (b) memory 512 Mb; (c) hard disk free 5 Gb; (d) CDROM - wajib ada untuk booting sistem UKG online; (e) monitor 14 - keyboard; dan (f) mouse standard.
  5.  Spesifikasi server minimal: (a) Processor Intel Pentium 4 - 2,4GHz; (b) memory 2 GB; (c) hard disk free 10 GB; (d) CDROM; (e) monitor 14; (f) terkoneksi dengan jaringan internet minimal 256 kbps; dan (g) UPS (uninteruptible power supply).

Persyaratan Operator TUK (Tempat Uji Kompetensi)

Teknisi UKG adalah guru / teknisi / laboran pada laboratorium komputer yang memenuhi persyaratan dan ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota atas rekomendasi kepala sekolah yang ketempatan sebagai tempat UKG. Tenisi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Operator TUK bukan peserta Uji Kompetensi tahun 2013.
  2. menguasai trouble shooting jaringan komputer.
  3. berpengalaman untuk menginstalasi jaringan komputer.
  4. bertanggungjawab terhadap permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan UKG.
  5. memiliki komitmen untuk memastikan kesiapan teknis TUK sebelum pelaksanaan UKG.
  6. memiliki komitmen untuk menjaga kerahasiaan dan kejujuran dalam pelaksanaan UKG.
  7. bergabung di grup facebook UKG Online 2013-Operator-LPMP-BPSDMP

Batas Akhir Ploting Peserta UKG / UKA 2013

Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota yang belum selesai melakukan ploting peserta ke masing-masing TUKG (Tempat Uji Kompetensi Guru) masih diberi kesempatan untuk melakukannya sampai tanggal 30 Maret 2013.

UKG 2013 dan Permasalahan Guru TIK

Sehubungan dengan tidak adanya mata pelajaran TIK pada struktur kurikulum SMP dan SMA tahun 2013, maka UKG tahun 2013 tidak ada mata uji TIK. Oleh karena itu, peserta UKG mata pelajaran TIK dapat merubah ke mata pelajaran lain yang sesuai dengan ketentuan dan persyaratan peserta sertifikasi guru. Perubahan mata pelajaran masih dimungkinkan dan diberi kesempatan sampai dengan tanggal 13 April 2013 (mekanisme perubahan akan disampaikan melalui AP2SG  atau Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru).

Permasalahan tentang NUPTK Peserta UKG yang Masih Salah

Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan masih terdapat kesalahan pada beberapa NUPTK peserta UKG/UKA tahun 2013. Untuk itu setiap calon peserta dapat mengkoordinasikan dengan Dinas Pendidikan kabupaten / kota dan menkonfirmasikan data yang telah dikirim melalui e-mail untuk diverifikasi ulang kebenaran NUPTK, hasilnya harus telah diterima paling lambat tanggal 30 Maret 2013.

Panduan Pelaksanaan UKG tahun 2013

Buku panduan pelaksanaan UKG 2013 masih dalam proses penyelesaian, dan akan disampaikan kemudian.

Download : Surat Kepala BPSDMP dan PMP Kemendikbud Nomor 05503/J2/LL/2013 tanggal 22 Maret 2013 Perihal Perubahan Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Tahun 2013

Download Kisi-Kisi Soal UKA 2013 / UKG 2013
 
Artikel Semula:

Apakah yang Dimaksud dengan UKA (Uji Kompetensi Awal) itu?

UKA atau Uji Kompetensi Awal adalah  tes yang harus diikuti oleh calon peserta sertifikasi yang telah memilih pola PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) atau calon peserta yang mengikuti Pola Portofolio (PF) tetapi dinyatakan Tidak Memenuhi Persyaratan (TMP). Bila peserta UKA dinyatakan belum lulus UKA maka mereka wajib mengikuti diklat pasca UKA atau mengembangkan diri secara mandiri untuk kembali mengikuti UKA di tahun berikutnya.

UKA 2013 Online, Benarkah?

Pada tahun 2012 lalu, Uji Kompetensi Awal (UKA) dilaksanakan secara tertulis. Pada tahun 2013 ini akan akan perbedaan signifikan dalam pelaksanaannya, yaitu akan dilakukan secara online di sekolah-sekolah yang merupakan Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditentukan. Tahun 2012 lalu Uji Kompetensi Guru (UKG) dilakukan bagi guru bersertifikat (telah lulus sertifikasi), maka Uji Kompetensi Guru di tahun 2013 adalah bentuk baru dari Uji Kompetensi Awal (UKA) bagi guru calon peserta sertifikasi tahun 2013 ini.

Kapan Uji Kompetensi Awal (UKA) online 2013 Dilaksanakan?

Berdasarkan Surat Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik atas nama Kepala Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 1 Maret 2013 kepada seluruh Kepala LPMP di Seluruh Indonesia, pelaksnaan UKA online direncanakan tanggal 2 – 12 April 2013.

Apakah UKA atau Uji Kompetensi Awal 2013 Murni Dilakukan Secara Online ?

Ternyata pada pelaksanaan UKA 2013 masih diberikan kesempatan kepada sebagian calon peserta sertifikasi guru untuk mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA) secara manual (tertulis). Adapun jadwal pelaksanaan UKA 2013 secara manual direncanakan pada tanggal 8 April 2013.

Kapan Penempatan Peserta UKA 2013 ke TUK (Tempat Uji Kompetensi) ?

Karena disetiap kabupaten/kota terdapat lebih dari satu Tempat Uji Kompetensi (TUK), maka calon peserta sertifikasi guru yang akan mengikuti UKA akan dibagi-bagi. Penetapan lokasi Uji Kompetensi pada TUK-TUK yang telah ditunjuk akan ditentukan pada tanggal 6 – 11 Maret 2013.
Surat Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik atas nama Kepala Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0412/J2/LL/2013 tanggal 1 Maret 2013 kepada seluruh Kepala LPMP di Seluruh Indonesia
Surat Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik atas nama Kepala Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0412/J2/LL/2013 tanggal 1 Maret 2013 kepada seluruh Kepala LPMP di Seluruh Indonesia

Hal Penting Lainnya yang Harus Diperhatikan oleh Calon Peserta Sertifikasi Guru tahun 2013

Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan sebagai calon peserta sertifikasi guru tahun 2013 adalah apakah data anda sudah terverifikasi pada Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG)?Oh ya, untuk menambah pengetahuan anda saja tentang sertifikasi guru, bahwa verifikasi data di si AP2SG berlaku juga untuk calon peserta sertifikasi guru hingga tahun 2015. Jadi pastikan nama anda tercantum di sana. Untuk mencek atau memverifikasi data anda pastikan anda telah membuka situs resmi sertifikasi guru dari kementerian pendidikan dan kebudayaan serta membaca tulisan di blog PTK dan Model-Model Pembelajaran ini tentang Cara Memverifikasi Data Calon Peserta Sertifikasi Guru tahun 2013 (Data Guru Belum Bersertifikat). Demikian info dari kami tentang Jadwal Persiapan dan Pelaksanaan UKA untuk Sertifikasi Guru tahun 2013, semoga bermanfaat.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.

Sponsor Kami