Friday, March 8, 2013

Sertifikasi Guru 2013, Daftar Calon Peserta Sergur

Blog PTK dan Model-Model Pembelajaran kali ini akan mencoba membantu kawan-kawan guru yang mungkin ingin mengetahui informasi tentang Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2013.

Situs Resmi Sertifikasi Guru dari Kemdiknas

Saat ini banyak informasi tentang sertifikasi guru untuk tahun 2013 mendatang bertebaran di dunia maya. Kebanyakan memang bertujuan untuk membantu kawan-kawan guru untuk mendapatkan informasi terbaru tentang sertifikasi guru, sebagian lagi justru membuat bingung. Situs resmi pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional untuk Sertifikasi Guru tahun 2013 dapat dilihat di http://sergur.kemdiknas.go.id/. Pada situs atau website resmi Kemdiknas ini kawan-kawan akan dapat memperoleh banyak informasi yang valid dan tidak akan menyesatkan. Beberapa informasi yang disediakan pada website ini antara lain:

Verifikasi Data Calon Peserta Sertifikasi Guru untuk tahun 2013 dan tahun-tahun selanjutnya

Di bagian ini, kawan-kawan guru dapat mencek apakah nama kawan-kawan sudah termasuk di dalam Daftar Guru Belum Bersertifikat Pendidik. Bila nama kawan-kawan guru sudah masuk, maka lanjutkan dengan mencek  NUPTK, nama, tempat tugas,  pendidikan, usia, masa kerja, dan golongan sudah benar. Cara mencek data kawan-kawan akan diuraikan selanjutnya di artikel ini.

Terkini

Menu ini berisi informasi terkini dari website http://sergur.kemdiknas.go.id. Beberapa informasi yang bisa kita beroleh dari bagian ini misalnya:
Bahan ajar diklat guru pasca Uji Kompetensi Awal (UKA) 2012
SK Penetapan Peserta OSN Guru dan undangan OSN Guru
Pedoman Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Guru Pasca Uji Kompetensi Awal (UKA) 2012

NUPTK

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) adalah salah satu dari data penting yang harus selalu benar agar Sertifikasi Guru berjjalan dengan lancar. Kawan-kawan guru dapat memastikan apakah NUPTK sudah benar atau masih ada kesalahan. Pada bagian ini kawan-kawan akan dihubungkan dengan situs http://psdmp.kemdiknas.go.id

Fitur Lainnya dari website resmi Sertifikasi Guru 2013

Beberapa fitur lain yang disediakan di website resmi milik Kementerian Pendidikan Nasional untuk Sertifikasi Guru ini adalah:
  • Buku Pedoman Penetapan Peserta Sergur (Sertifikasi Guru)
  • Informasi OSN Guru (Olimpiade Sain untuk Guru)
  • Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru (UKG)
  • Materi PLPG
  • Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal (UKA)
  • Informasi Calon Peserta Sertifikasi Guru

Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2013

Untuk mencek nama kawan-kawan guru apakah sudah masuk dalam Daftar Nama Calon Peserta Sertifikasi Guru tahun 2013 dan tahun-tahun berikutnya silakan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Klik / masuk ke situs resmi sertifikasi guru tahun 2013 di http://sergur.kemdiknas.go.id/index.php?pg=home
  2. Maka kawan-kawan guru akan melihat tampilan berikut:
    website resmi sertifikasi guru tahun 2013
    website resmi sertifikasi guru tahun 2013
  3. Pada bagian bawah fitur Verifikasi Data klik Daftar guru belum bersertifikat pendidik. Perhatikan gambar berikut:
    verifikasi data daftar guru belum bersertifikat pendidik
    verifikasi data daftar guru belum bersertifikat pendidik
  4. Setelah itu kawan-kawan guru akan diarahkan pada halaman berikut:
    cara mencek data guru calon peserta sergur
    cara mencek data guru calon peserta sergur
  5. Ada dua opsi yang dapat kawan-kawan guru lakukan untuk mencek data: (1) dengan mengklik Kriteria; atau (2) dengan mengklik Pencarian
  6. Bila anda menklik Kriteria, maka kawan guru akan di bawa pada daftar calon peserta sertifikasi guru per propinsi hingga kabupaten / kota. Kawan tinggal memilih propinsi dan kabupaten / kota kawan, lalu klik Tampilkan. Hasilnya, akan muncul daftar nama calon peserta, 20 orang setiap halaman. Perhatikan contoh berikut:
    daftar guru belum bersertifikat pendidik per kabupaten
    daftar guru belum bersertifikat pendidik per kabupaten
  7. Bila kawan guru mengklik Pencarian, maka kawan guru dapat langsung mencek data secara pribadi dengan memasukkan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang kawan miliki, lalu klik tombol Pencarian. Tunggu beberapa saat, dan kawan akan langsung dapat mencek data kawan apakah sudah benar atau masih ada kesalahan. Lihat contoh berikut:
    hasil pencarian peserta sertifikasi 2013 secara individual
    hasil pencarian peserta sertifikasi 2013 secara individual
Demikian informasi yang dapat dibagi oleh blog PTK dan Model Pembelajaran tentang Sertifikasi Guru 2013, Daftar Calon Peserta Sergur. Semoga bermanfaat.



Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.