Apa Saja Karakteristik Penelitian Kualitatif?

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, January 4, 2013

Apa Saja Karakteristik Penelitian Kualitatif?

 Apa Saja Karakteristik Penelitian Kualitatif?

Sudah lama blog http://penelitiantindakankelas.blogspot.com tidak membahas tentang teori penelitian. Di blog ptk ini, walaupun dulu sekali telah ditampilkan artikel tentang penelitian kualitatif, ternyata setelah dicek, sama sekali belum ada artikel tentang karakteristik penelitian kualitatif. Baiklah, tanpa panjang lebar, mari kita cermati karakteristik-karakteristik yang dimiliki oleh penelitian kualitatif berikut ini.

Karakteristik Penelitian Kualitatif

  • Pada penelitian kualitatif teori atau hipotesis tidak secara apriori diwajibkan ada.
  • Penelitian kualitatif dilaksanakan pada latar alamiah (bukan dibuat-buat/artifisial), yaitu tempat di mana kejadian dan perilaku manusia berlangsung.
  • Asumsi-asumsi pada penelitian kualitatif amat berbeda dengan penelitian kuantitatif.
  • Dalam melaksanakan penelitian kualitatif, justru peneliti-lah yang merupakan instrumen utama penelitian untuk mengumpulkan data.
  • Data yang dikumpulkan pada penelitian kualitatif lebih cenderung bersifat deskriptif atau penggambaran dalam bentuk kata-kata, bukan dominan angka-angka.
  • Penelitian kualitatif berfokus pada menggali persepsi dan pengalaman partisipan (pihak-pihak yang terlibat dalam) penelitian.
  • Pada penelitian kualitatif, proses pelaksanaan penelitian sama pentingnya dengan hasil penelitian (produk). Peneliti, selama prosesnya berusaha memahami bagaimana suatu kejadian berlangsung.
  • Data pada penelitian kualitatif ditafsirkan dalam pemahaman idiografis, bukan untuk membuat atau merumuskan generalisasi.
  • Dalam merancang desain penelitian, peneliti pada penelitian kualitatif harus mencoba merekonstruksi penafsiran dan pemahaman dengan sumber data, yaitu manusia.
    penelitian kualitatif
    Karakteristik Penelitian Kualitatif
  • Proses penelitian kualitatif hingga menghasilkan produk penelitian, lebih mengandalkan pada tacit knowledge (intuisi dan perasaan), hal ini disebabkan oleh karena data tidak dapat dikuantifikasi. Data adalah apresiasi dari majemuknya suatu keadaan (kenyataan kejadian).
  • Pada penelitian kualitatif amat perlu menjunjung tinggi objektivitas  dan kebenaran. Akan tetapi ktiterianya berbeda dengan penelitian kuantitatif, karena derajat kepercayaannya diperoleh dari verifikasi berdasarkan koherensi, wawasan, dan manfaat.
Nah, demikian artikel tentang karakteristik penelitian kualitatif yang membedakannya dengan penelitian kuantitatif. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya tentang teori penelitian:


Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Beli Buku Secara Online, ada beragam jenis dari ribuan koleksi

Penelitian Tindakan KelasPenelitian Tindakan KelasLangkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi GuruMetode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan DosenModel Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)Model-Model Pembelajaran Inovatif dan EfektifModel Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan EfektifMedia Pembelajaran Aktif: Bukunya Para GuruPengantar Evaluasi Pendidikan: Berdasarkan. Teori tes Klasik dan Modern Toko Buku Online