VerVal NUPTK di Padamu Negeri : Informasi Edit NPSN

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Tuesday, July 30, 2013

VerVal NUPTK di Padamu Negeri : Informasi Edit NPSN

VerVal NUPTK di Padamu Negeri : Informasi Edit NPSN

Admin Pusat BPSDMPK-PMP 2013 di layanan Padamu Negeri telah menghimbau kepada para operator sekolah untuk memastikan bahwa mereka telah dan harus mendapatkan surat akun aktivasi dari Dinas Pendidikan Kab/Kota masing-masing. Surat akun aktivasi didasarkan kepada "NAMA SEKOLAH", bukan berdasarkan SIAPID ataupun NPSN yang tertulis di surat tersebut. Admin Pusat BPSDMPK-PMP 2013 menyatakan bahwa ada kemungkinan terdapat ketidaksesuaian kode SIAPID dengan NPSN terbaru di Sekolah masing-masing.

Hal ini terjadi karena kode NPSN pada data NUPTK yang digunakan sekarang ini dan SIAPID Akun Sekolah bersumber dari NPSN versi lama (dari dapodik.org). Hal ini terjadi karena kondisi pada saat verval NUPTK di tahun sebelumnya (2012) masih menggunakan sumber NPSN versi lama.

Admin Pusat BPSDMPK-PMP 2013 akan memfasilitasi bagi Admin Sekolah (operator sekolah) untuk dapat mengubah info kode NPSN terbaru sesuai rilis dari PDSP (http://refsp.data.kemdikbud.go.id/) melalui aplikasi SIAP PADAMU yaitu melalui menu Kelola Sekolah > Profil Sekolah. Perhatikan gambar berikut ini:
Edit NPSN Sekolah di Padamu Negeri
Edit NPSN Sekolah di Padamu Negeri

Apabila telah dilakukan perubahan info kode NPSN tersebut, maka secara otomatis akan mengubah data NPSN dari setiap NUPTK yang berkorelasi dengan Sekolah masing-masing.

Kumpulan FAQ (Pertanyaan-Pertanyaan)

Pertanyaan-Pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan adanya perbedaan NPSN ini antara lain:

1. Apakah terjadi perubahan NPSN? Setelah operator sekolah melakukan cek ke http://refsp.data.kemdikbud.go.id/ ternyata NPSN-nya sama saja. Jadi maksudnya apa?

Jawab:
Jika tidak ada perubahan (perbedaan) NPSN di http://refsp.data.kemdikbud.go.id/ dengan NPSN yang tertera di surat aktivasi akun, maka operator sekolah tidak perlu melakukan edit NPSN ini.

2. Bagaimana cara membetulkan Nama Sekolah? Sekolah kami mempunyai NPSN 20510XXX, dan tertulis SDN Ramawijawa, seharusnya SDN 3 Ramawijaya. Mohon pencerahannya, terima kasih.

Jawab:
Perbaikan Nama Sekolah harus dilakukan oleh Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

3. Operator sekolah kami sudah mengganti (edit) NPSN, tetapi mengapa pada saat mengunduh (download) formulir A03 tetap saja NPSN-nya tidak terverifikasi?

Jawab:
Bagi PTK yang mendapat formulir A03 harap lakukan proses verifikasi NPSN di Admin Dinas terlebih dahulu.

4. Kalau untuk data guru dan PTK yang NPSN-nya belum muncul, bagaimana cara melakukan updatenya? Di sekolah kami ada 2 orang PTK yang mempunyai masalah seperti ini sementara PTK yang lain sudah OK. Mohon infonya, terima kasih.

Jawab:
Silahkan mengikuti prosedur sebagaimana tertulis di fomulri A03 dari PTK bersangkutan (PTK yang NPSN-nya belum muncul ini).

==
Informasi tentang VerVal NUPTK di situs Padamu Negeri terkait Edit NPSN ini disarikan dari https://www.facebook.com/Padamu.Negeri.Indonesiaku oleh blog Penelitian Tindakan Kelas dan Model-Model Pembelajaran. Semoga bermanfaat.


Anda mungkin juga ingin membaca:
Informasi terbaru seputar VerVal NUPTK (update: 10 Juli 2013)
VerVal NUPTK: Daftar 56 Pertanyaan EDS (Evaluasi Diri PTK/Guru)
Syarat-Syarat dan Cara Pengajuan NUPTK Baru Di Situs Padamu Negeri Kemdikbud
Pertanyaan-Pertanyaaan Seputar VerVal NUPTK dan Solusinya: Update 4 Juni 2013
Cara Aktivasi Akun Operator Sekolah di Padamu Negeri
Wajib VerVal NUPTK di Padamu Negeri
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...