Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Beberapa waktu yang lalu blog Penelitian Tindakan Kelas telah mempublikasikan beberapa tulisan tentang Kurikulum 2013 yang telah mulai diberlakukan di beberapa sekolah. Melanjutkan tulisan-tulisan tersebut, kali ini kami akan membagi Apa dan Bagaimana Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 itu. Yuk disimak.Tujuan Umum Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013
Adapun yang menjadi tujuan umum kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dimulai sejak pertengahan Juni lalu secara bertahap, adalah sebagai berikut.Guru
Setelah mengikuti kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013 diharapkan guru mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian Kurikulum 2013.Kepala Sekolah
Setelah mengikuti kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013 diharapkan kepala sekolah mampu mengerahkan sumber daya yang dimiliki dalam rangka menjamin keterlaksanaan implementasi Kurikulum 2013.Pengawas Sekolah
Setelah mengikuti kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013 diharapkan pengawas sekolah mampu memberikan bantuan teknis secara benar kepada sekolah dalam mengatasi hambatan selama implementasi Kurikulum 2013.Kompetensi Inti Peserta Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Adapun kkompetensi inti yang harus dicapai oleh setiap peserta pelatihan penerapan Kurikulum 2013setelah mengikuti pelatihan adalah sebagai berikut:
- Memiliki sikap yang terbuka untuk menerima Kurikulum 2013.
- Memiliki keinginan yang kuat untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.
- Memiliki pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum 2013 (filosofi, rasional, elemen perubahan, strategi implementasi, Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD)).
- Memiliki keterampilan menganalisis keterkaitan antara Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Buku Guru, dan Buku Siswa.
- Memiliki keterampilan menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada Kurikulum 2013.
- Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan pendekatan Scientific secara benar.
- Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning.
- Memiliki keterampilan melaksanakan penilaian autentik dengan benar.
- Memiliki keterampilan berkomunikasi lisan dan tulis dengan runtut, benar, dan santun.
Hasil Kerja yang Diharapkan Dari Peserta Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013
Setelah mengikuti pelatihan diharapkan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah mampumewujudkan hasil kerja secara kolektif hal-hal berikut ini.
- Analisis SKL, KI, KD untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
- Analisis buku siswa dan buku guru untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
- Contoh RPP untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
- Contoh instrumen penilaian untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
Sasaran Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013
Adapun sasaran akhir dari pelatihan ini adalah guru, kepala sekolah dan pengawas. Mengingat jumlah sasaran akhir pelatihan sangat besar dan sebaran sasaran akhir pelatihan sangat luas, pelatihan ini menerapkan strategi pelatihan bertahap atau berjenjang. Tahapan atau jenjang pelatihan, narasumber yang akan bertugas, serta sasaran peserta dapat dijelaskan pada diagram berikut ini.3 tahap pelatihan penerapan kurikulum 2013 |
Diagram tersebut menunjukan tiga tahap pelatihan yaitu: Pelatihan Tingkat Nasional, Tingkat Provinsi, dan Tingkat Kabupaten/Kota. Secara keseluruhan terdapat tujuh jenis pelatihan, yakni: Pelatihan Instruktur Nasional, Pelatihan Guru Inti, Pelatihan Kepala Sekolah Inti, Pelatihan Pengawas Inti, Pelatihan Guru Kelas/ Mapel, Pelatihan Kepala sekolah, dan Pelatihan Pengawas.
Adapun struktur materi pelatihan implementasi Kurikulum 2013, untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah dapat dilihat pada tabel berikut:
Struktur materi pelatihan implementasi Kurikulum 2013, untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah |
Penilaian Hasil Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Penilaian meliputitiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian autentik diterapkan di dalam pelatihan ini. Metode penilaian yang diterapkan di dalam penilaian ini meliputi tes awal, tes akhir, portofolio, dan pengamatan. Setiap calon instruktur nasional, guru inti, kepala sekolah inti, dan pengawas inti dinyatakan lulus apabila mencapai nilai 75 dan memiliki kewenangan untuk melatih.Anda juga mungkin ingin membaca:
- Cara Download Ebook Pelajaran Kurikulum 2013
- Beberapa PerMen (Peraturan Menteri) Pendidikan dan Kebudayaan Terkait Kurikulum 2013
- Cek Daftar Sekolah Tempat Implementasi Kurikulum 2013
- Download Struktur Kurikulum 2013 untuk SMK dan MAK
- Download Kurikulum 2013 untuk SMA/MA
- Download Kurikulum 2013 untuk SMP/MTs
- Download Kurikulum 2013 untuk SD/MI
- Fakta-Fakta Seputar Kurikulum 2013
Demikian informasi tentang Apa dan Bagaimana Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 dari blog Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Model-ModelPembelajaran yang dihimpun dari berbagai sumber . Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment