Tips Berpikir Kreatif dengan Masukan Acak (Random Input)

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Monday, April 9, 2012

Tips Berpikir Kreatif dengan Masukan Acak (Random Input)

Tips Berpikir Kreatif

Pernahkah anda menemukan diri anda atau siswa anda terjebak saat berlangsung curah gagasan tentang suatu masalah pada ide yang sama berulang-ulang? Itu bisa berarti anda butuh tips berpikir kreatif berikut ini. Dalam situasi seperti ini, mungkin sulit untuk keluar dari pola normal Anda berpikir dan memberikan ide-ide kreatif yang benar-benar baru dan orisinil.Inilah saatnya anda membutuhkan berpikir kreatif dengan masukan acak (random input).

Berpikir Kreatif dengan Masukan Acak (Random Input)

Teknik masukan acak (random input) adalah salah satu teknik yang digunakan untuk memperoleh keterampilan berpikir kreatif (salah satu bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi/higher order thikning skills). Masukan acak adalah teknik berpikir lateral, yang menggerakkan anda atau siswa anda di luar pola pemikiran biasa sehingga anda atau siswa anda dapat mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif.

Sang Pencipta

Masukan acak diciptakan oleh psikolog Edward de Bono pada tahun 1968, dan diterbitkan pada tahun 1992 bukunya, "Serious Creativity", yang berguna ketika anda atau siswa anda perlu ide-ide segar atau perspektif baru selama proses pemecahan masalah.

Pada banyak jenis pemecahan masalah, kita cenderung berpikir dengan menggunakan pola-pola yang kita lihat di masa lalu, dan menerapkan solusi yang telah kita lihat berfungsi dalam memecahkan masalah semacam itu . Seringkali, kita terjebak dalam pola-pola ini. Di sinilah mungkin sulit untuk melangkah keluar bahwa pola berpikir, bahkan jika Anda mau.

Teknik yang Digunakan

Masukan acak adalah teknik untuk menghubungkan pola berpikir lain ke pola berpikir yang biasa kita gunakan. Dengan demikian, ini membantu kita bergerak di luar cara berpikir biasa kita, sehingga kita bisa memperoleh solusi baru untuk memecahkan masalah yang sedang kita hadapi.

Salah satu yang dapat kita lakukan dengan teknik ini misalnya:
  • Gunakan sebuah kantong yang berisi ratusan kata. 
  • Saat ide kita sedang macet, ambil satu kartu dan baca kata yang tertera di atasnya. 
  • Berusahalah untuk menghubungkan kata yang diperoleh itu dengan masalah dihadapi atau pemecahan masalah yang ingin dilakukan. 
  • Sekali lagi: buat hubungan, bagaimanapun caranya. 
Strategi lain adalah dengan menggunakan kantong berisi gambar-gambar, atau menggunakan kamus. Adalah penting untuk tetap berusaha menggunakan kata pertama, atau gambar pertama yang telah diambil dan menjadikannya sumber ide baru yang memungkinkan anda keluar dari pola biasa. Salah satu bidang studi yang banyak menggunakan teknik ini adalah pelajaran menulis pada kelas bahasa.

Demikian tulisan tentang tips berpikir kreatif dengan masukan acak (random input). Semoga bermanfaat bagi anda, dan ikuti tulisan berikutnya di blog ptk dan model pembelajaran ini.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...