Friday, April 27, 2012

Laporan PTK: Metode Active Learning di MI


Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Active Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 2/B MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009-2010


Oleh:
Sukamto
MI Nurul Huda, Kapongan Situbondo

Sumber Jurnal:

Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam Volume 01, Nomor 01, Juni 2010 Halaman 99 - 110. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam (JPTK-PAI) diterbitkan oleh Laboratorium Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Madrasah Development Center (MDC) Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur, dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Jawa Timur.

Abstrak:

Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu upaya dalam menyelesaikan masalah pembelajaran di kelas. Pada PTK ini, peneliti akan melakukan penelitian tentang,”Upaya Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui metode active learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas 2/B MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009-2010. Rumusan masalah pada PTK ini, adalah “bagaimanakah upaya peningkatan Hasil Belajar siswa melalui metode active learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas 2/B MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009-2010?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam penggunaan metode active learning di MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencaan/rencana awal, tindakan, observasi, refleksi dan tindakan ulang. Subyek dari penelitian adalah seluruh siswa kelas IIb MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo dengan jumlah 50 anak dalam mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan adab meludah. Berdasarkan hasil analisis didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II yaitu siklus I daya serap 78 % dan siklus II daya serap 92 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akidah akhlak di kelas IIb di MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo hendaknya dilakukan sesuai dengan perilaku akhlak sehari-hari.

Kata kunci: Hasil belajar dan Pembelajaran active learning, ptk.

Pendahuluan

Penggunaan metode pembelajaran disetiap mata pelajaran sangat penting, karena tidak semua metode pembelajaran tepat untuk semua penyampaian, waktu kondisi, dan bidang studi. Salah satu penentu dalam kegiatan belajar mengajar adalah metode. Metode pengajaran adalah suatu cara untuk menyajikan pesan

pembelajaran, sehingga pencapaian hasil pembelajaran dapat optimal. Dalam setiap proses pembelajaran termasuk Akidah Akhlak. Metode memiliki kedudukan yang penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Tanpa metode, suatu pesan pembelajaran tidak akan dapat berproses secara efektif dalam kegiatan belajar mengajar ke arah yang dicapai (Rohmat, 1999:1).
Ketika praktikan melakukan pembelajaran Akidah Akhlak di MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo pada materi adab buang angin antusias siswa dalam pembelajaran sangat kurang sekali dikarenakan (1) metode yang digunakan oleh praktikan masih bersifat monoton, (2 banyaknya siswa yang melebihi kapasitas (50 orang). Ternyata penggunaan metode ceramah untuk pembelajaran akidah akhlak masih belum efektif. Oleh sebab itu, praktikan mencoba mencari sebuah metode yang bisa melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi aktif dan kreatif.

Melihat fenomena di atas, praktikan mempunyai inisiatif untuk merubah metode yang sering dilakukan yakni menggunakan metode ceramah dirubah ke metode active learning dengan tujuan agar ada perubahan dan peningkatan ditingkat pemahaman anak didik dalam menyerap sebuah materi pelajaran khususnya dibidang mata pelajaran Akidak Akhlak.

Penerapan metode active learning di MI Islamiyah desa Geluran Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo merupakan respon yang baik terhadap perkembangan mutakhir sistem pendidikan di Indonesia khususnya dalam pembelajaran Akidah Akhlak, yang merupakan mata pelajaran penting sekaligus pendukung bagi mata pelajaran lainnya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “bagaimana upaya peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas II MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo?”. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam penggunaan metode active learning di MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo.
Hasil penelitian ini akan sangat bermanfaat bagi pengelolaan pembelajaran, khususnya bagi guru yang mengajar Akidah Akhlak, yaitu (1) memiliki gambaran tentang pembelajaran active learning yang efektif, (2) dapat menidentifikasikan permasalahan yang timbul di kelas, sekaligus mencari solusi pemecahannya, (3) dipergunakan untuk menyusun program penilaian efektifitas pembelajaran model active learning pada tahap berikutnya.

Baca makalah ini sebagaimana aslinya di sini.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.