Wednesday, April 4, 2012

Laporan PTK: Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Head Together) SD

Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemudahan para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan senang hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).

Sumber:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam
Volume 01, Nomor 01, Juni 2010
H a l a m a n 2 5 - 3 6

Penerapan Metode Kooperatif NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa-Siswi Kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih



Oleh:
Firman Kailani
MI Riyadul Badi'ah, Kediri

Abstrak: Pelajaran Qur’an Hadits adalah pelajaran agama yang membentuk nilai spiritual agama, sehingga perlu adanya upaya untuk menumbuhkan minat terhadap pelajaran ini. Salah satu cara adalah dengan jalan penerapan pembelajaran cooperatif learning NHT dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan, “Apakah melalui metode cooperatif learning NHT dapat meningkatkan minat, prestasi belajar serta respon terhadap materi surat Al-Lahab bagi siswa-siswi kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih? ”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat, prestasi belajar, dan respon siswa-siswi terhadap materi surat Al-Lahab melalui pendekatan cooperatif learning NHT. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih tahun pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis belajar terdapat peningkatan yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa-siswi dalam setiap siklus, yaitu siklus I (73,68%), siklus II (86,05%.). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan metode cooperatif learning NHT dapat berpengaruh positif terhadap minat, prestasi belajar serta respon siswa-siswi kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo tahun pelajaran 2009/2010.

Kata Kunci: Qur’an Hadits, NHT (Numbered Head Together), Minat belajar.

PENDAHULUAN
Jika berbicara masalah pendidikan, maka tidak akan lepas dari sosok seorang guru. Kemampuan tiap guru tidak sama, hal ini dikarenakan adanya perbedaan tingkat pendidikan, intelektual dan kondisi sosial masyarakat, sehingga berdampak ketika guru mengajar di dalam kelas baik mengenai metode yang digunakan, alat peraga, penguasaan kelas dan sebagainya. Meskipun demikian, ada prinsip yang harus tetap diperhatikan oleh seorang guru dalam mengajar yaitu menciptakan situasi proses pembelajaran yang benar-benar dapat meningkatkan minat anak didik dalam belajar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang menunjang, dan penyampaian materi yang sistematis.

Untuk mencapai hasil belajar yang optimal salah satu cara adalah dengan melakukan pendekatan secara emosional yang kuat antara guru dan siswa-siswi dalam pembelajaran, maka akan membantu guru dalam mencapai hasil pembelajaran yang seoptimal mungkin. Selain mengetahui karakteristik masing-masing siswa-siswi, guru juga harus menguasai langkah-langkah dalam memberikan materi pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Qur’an Hadits merupakan salah satu pelajaran yang penting dalam kaitannya untuk mengembangkan spiritual anak, akan tetapi karena pelajaran ini tidak termasuk dalam ujian nasional sehingga menjadikan pelajaran Qur’an Hadits dianggap tidak terlalu penting oleh anak, yang dapat mengakibatkan mengurangi minat anak terhadap pelajaran ini...........baca selengkapnya laporan penelitian/makalah/jurnal ilmiah tentang Penerapan Metode Kooperatif NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa-Siswi Kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih langsung dari sumber aslinya di sini.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.