Seorang guru dapat mempertimbangkan beberapa panduan berikut ini untuk menciptakan aktivitas (kegiatan pembelajaran) yang bermakna dan menghargai semua siswa:
- Secara eksplisit mendiskusikan tujuan kegiatan pembelajaran kepada siswa dan manfaatnya bagi mereka
- Menyediakan arahan yang jelas dan harapan yang guru hendaki untuk mengurangi ketidakefektifan, keterkejutan, dan kekecewaan.
- Menantang semua siswa untuk bekerja (melaksanakan aktivitas pembelajaran) sesuai potensi yang masing-masing mereka miliki.
- Gunakan profil siswa, pre-tes, dan informasi lainnya untuk membuat aktivitas pembelajaran
- Antisipasi setiap tantangan atau hambatan untuk proses belajar mereka dan membangun dukungan untuk mengurangi hambatan tersebut
- Berbagi atau mengembangkan alat asesmen bersama-sama siswa (dalam hal kriteria, rubrik, contoh, dsb) untuk memperjelas apa yang diharapkan oleh guru untuk mereka kuasai
- Menyediakan sumber belajar yang mungkin siswa butuhkan untuk aktivitas pembelajaran mereka, yang mudah mereka akses, menarik, dan membangun pemahaman
- Rancang agar aktivitas pembelajaran bersifat efisien dan tetap dapat menjaga momentum sehingga siswa tetap fokus pada pembelajaran
- Ases dan perbaiki aktivitas-aktivitas dan tugas-tugas pembelajaran yang telah dibuat untuk memaksimalkan pembelajaran yang guru berikan pada masa-masa yang akan datang
No comments:
Post a Comment