Laporan PTK: Pendidikan Agama Islam

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Sunday, April 1, 2012

Laporan PTK: Pendidikan Agama Islam

Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemudahan para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan senang hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).

Sumber:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam
Volume 01, Nomor 01, Juni 2010
H a l a m a n 1 - 1 0

Meningkatkan Kompetensi Belajar Membaca Al-Qur’an melalui Metode Uji Performance pada Siswa Kelas III MI Nur Rohman Sambibulu Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010

Oleh :
Achsanun Nasich
MI Roudlotut Tholabah, Tuban

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dan menerapkan metode yang akurat dalam memacu siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua putaran atau siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam wujud proses pengkajian berdaur yang terdiri atas empat tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas III MI Nur Rohman Sambibulu Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, performance test dan lembar observasi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis bahwa kompetensi belajar membaca Al-Qur’an siswa mengalami peningkatan mulai dari pra siklus sampai siklus dua yaitu pra siklus 57’14% , siklus I (71,42%) dan siklus II (85,71%). Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan refleksi terhadap kegiatan siklus II, maka penulis menyimpulkan tidak melanjutkan pada putaran siklus berikutnya dan metode uji performance berpengaruh positif pada pembelajaran membaca Al-Qur’an.

Kata kunci: Kompetensi, Belajar, Metode Uji Performance

PENDAHULUAN
Disadari bahwa anak sebagai generasi dan pewaris perjuangan masa depan perlu dibekali ilmu pengetahuan dan ditanamkan akhlakul karimah guna melindungi dan membentengi diri dari kehidupannya agar tidak tersesat dalam arus globalisasi dan informasi yang menyesatkan.

Dalam rangka mempersiapkan serta membekali para generasi muda islam agar kualitas maupun kuantitas, generasi yang dimaksud mampu menghadapi tantangan zaman, terlebih lagi di masa yang akan datang, kita tidak kehilangan satu generasi yang Qur’ani...........baca jurnal Meningkatkan Kompetensi Belajar Membaca Al-Qur’an melalui Metode Uji Performance pada Siswa Kelas III MI Nur Rohman Sambibulu Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010 selengkapnya langsung dari sumber aslinya di sini.



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...