4 Elemen Pembelajaran Berbasis Tim (Team Based Learning)

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Thursday, April 5, 2012

4 Elemen Pembelajaran Berbasis Tim (Team Based Learning)

Mengubah siswa-siswa yang sudah terbiasa menerima konsep-konsep pembelajaran menjadi siswa-siswa yang mampu menerapkan konsep-konsep pembelajaran ke dalam proses pemecahan maslah bukan suatu hal yang gampang. Ini adlah sebuah tugas yang berat. Membuat perubahan pada kemampuan berpikir  siswa juga memerlukan perubahan baik pada peran guru sebagai pengajar maupun peran siswa sendiri sebagai pebelajar.

Guru harus berubah peran dari orang yang memberikan informasi menjadi orang yang merancang dan memanajemen proses pembelajaran. Sedangkan siswa harus berubah peran dari subyek yang pasif menerima informasi menjadi orang yang memiliki rasa tanggung jawab  untuk mengeksplorasi  materi pembelajaran, sehingga mereka akan lebih siap belajar di kelas di dalam kelompok-kelompoknya.

Perubahan arah ini tidak langsung serta merta terjadi dan mungkin tampak seperti mimpi daripada sesuatu yang dapat dicapai. Tetapi bagaimanapun, semua itu sebenarnya sangat dapat dicapai apabila keempat elemen (unsur) dasar pembelajaran berbasis tim (team based learning) dapat diimplementasikan dengan baik. Keempat elemen pembelajaran berbasis tim tersebut adalah:
  1. Tim. Kelompok harus dibentuk dan dimanajemen dengan baik.
  2. Akuntabilitas. Setiap siswa harus akuntabel dalam kaitan dengan kualitas pembelajaran dan kerja mereka baik secara individuaal maupun dalam kelompok.
  3. Umpan balik. Umpan balik harus diberikan kepada siswa secara rutin dan sering .
  4. Rancangan Tugas. Rancangan tugas harus merangsang baik pembelajaran maupun perkembangan kelompok.
Bila ke-4 elemen ini diterapkan dalam pembelajaran, maka kelas telah disulap menjadi tim-tim pembelajaran yang kohesif.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Beli Buku Secara Online, ada beragam jenis dari ribuan koleksi

Penelitian Tindakan KelasPenelitian Tindakan KelasLangkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi GuruMetode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan DosenModel Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)Model-Model Pembelajaran Inovatif dan EfektifModel Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan EfektifMedia Pembelajaran Aktif: Bukunya Para GuruPengantar Evaluasi Pendidikan: Berdasarkan. Teori tes Klasik dan Modern Toko Buku Online