Karakter Guru Efektif

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Wednesday, April 18, 2012

Karakter Guru Efektif

Karakter Guru Efektif

Bagaimana sebenarnya karakter guru efektif itu? Nah, kali ini blog ptk dan model pembelajaran akan membahasnya. Setiap guru pasti mempunyai pendapatnya masing-masing tentang apa itu “mengajar”, “belajar”, dan “pebelajar”. Beberapa guru meyakini bahwa tanggung jawab mereka adalah mengajar materi ajar (konten), dan tanggung jawab siswa adalah mempelajari apa yang sedang diajarkan oleh guru. Jika siswa berjuang atau gagal dalam belajar, tanggung jawab itu berakhir pada diri siswa itu sendiri. Benarkah begini?

Tindakan dan Keyakinan Guru Efektif

Seharusnya, prinsip penting yang dipegang oleh seorang guru efektif adalah: pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang efektif hanya dapat dilakukan oleh seorang guru efektif. Lalu bagaimanakah guru yang efektif itu? Guru efektif mempunyai keyakinan dan bertindak sebagai berikut:
  • Menghargai dan menerima keunikan persepsi dari masing-masing pebelajar.
  • Merefleksikan dan mempertimbangkan pengetahuan awal dan minat siswa saat memilih dan menggunakan teknik dan strategi mengajar tertentu.
  • Meyakini bahwa semua siswanya dapat dan akan belajar.
  • Menciptakan suatu lingkungan belajar yang menantang, tapi tidak membahayakan/menakutkan.
  • Berkomitmen pada belajar dan perkembangan intelektual semua siswanya.
  • Memandang setiap orang sebagai orang yang mampu, dapat diandalkan, dan secara umum positif.
  • Meyakini bahwa seseorang dapat mengajar secara efektif dan pengajaran yang efektif akan membawa dampak pada hasil belajar yang positif.

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.