Laporan Penelitian Kualitatif: Pembelajaran Pendekatan Aktif Learning

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Thursday, April 5, 2012

Laporan Penelitian Kualitatif: Pembelajaran Pendekatan Aktif Learning

Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemudahan para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan senang hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).

Sumber:
Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 6 Nomor 2, November 2009

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN AKTIF LEARNING DALAM PELAJARAN EKONOMI PADA SMU NEGERI DI YOGYAKARTA

Oleh: Tejo Nurseto
(Staf Pengajar FISE Universitas Negeri Yogyakarta)

Sebagian isi jurnal/makalah:
...........Pembelajaran aktif adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri baik dalam bentuk interaksi antar mahasiswa maupun mahasiswa dengan pengajar dalam proses pembelajaran tersebut.

Menurut Bonwell (1995), pembelajaran aktif memiliki karakteristik-karakteristik sebagai berikut:
1. Penekanan proses pembelajaran bukan pada penyampaian informasi oleh pengajar melainkan pada pengembangan ketrampilan pemikiran analitis dan kritis terhadap topik atau permasalahan yang dibahas,
2. Mahasiswa tidak hanya mendengarkan kuliah secara pasif tetapi mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan materi kuliah,
3. Penekanan pada eksplorasi nilai-nilai dan sikap-sikap berkenaan dengan materi kuliah, 4. Mahasiswa lebih banyak dituntut untuk berpikir kritis, menganalisa dan melakukan evaluasi,
5. Umpan-balik yang lebih cepat akan terjadi pada proses pembelajaran.

Di samping karakteristik tersebut di atas, secara umum suatu proses pembelajaran aktif memungkinkan diperolehnya beberapa hal. Pertama, interaksi yang timbul selama proses pembelajaran akan menimbulkan positive interdependence dimana konsolidasi pengetahuan yang dipelajari hanya dapat diperoleh secara bersama-sama melalui eksplorasi aktif dalam belajar. Kedua, setiap individu harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan pengajar harus dapat mendapatkan penilaian untuk setiap mahasiswa sehingga terdapat individual accountability. Ketiga, proses pembelajaran aktif ini agar dapat berjalan dengan efektif diperlukan tingkat kerjasama yang tinggi sehingga akan memupuk social skills.

Dalam pembelajaran aktif learning dapat digambarkan seperti dibawah ini: ............baca selengkapnya PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN AKTIF LEARNING DALAM PELAJARAN EKONOMI PADA SMU NEGERI DI YOGYAKARTA langsung dari sumber aslinya di sini. Untuk dapat membaca.mendownload halaman tersebut, terlebih dahulu anda harus register di sini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...