Laporan PTK: Pendekatan Contextual

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Monday, April 9, 2012

Laporan PTK: Pendekatan Contextual

Upaya Peningkatan Aktifitas Belajar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Asma'ul Husna Kelas IV Semester II di MINU Pucang Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009 – 2010

Baihaki (MI Nurul Huda, Lumajang )

Sumber:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam Volume 01, Nomor 01, Juni 2010 Halaman 53 - 65



Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemudahan para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan senang hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).

Abstrak:
Penggunaan metode, strategi, dan pendekatan yang relevan dalam pembelajaran sangat dibutuhkan, termasuk penggunaan metode Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna Kelas IV Semester II di MINU Pucang Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009–2010. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pertama, Apakah pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa-siswi kelas IV MINU Pucang semester II pada mata pelajaran Aqidah- Akhlak materi asmaul husna, kedua apakah pendekatan contextual teaching and learning siswa kelas IV MINU Pucang semester II pada mata pelajaran Aqidah- Akhlak materi asmaul husna dapat mengaitkan dengan masalah kehidupan nyata sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga kali kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, refleksi, dan rekomendasi. Dari hasil penelitian dan analisis diketahui bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II, yaitu: siklus I (80,53%) dan siklus II (83,62%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan contextual teaching and learning berpengaruh positif terhadap peningkatan aktifitas belajar siswa-siswi kelas IV MINU pucang sidoarjo.

Kata kunci:
Aktifitas, Contextual teaching and learning, Aqidah Akhlak, Asmaul Husna


PENDAHULUAN
Pembelajaran kontekstual atau CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan membantu siswa-siswi untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga siswa memiliki pengetahuan/keterampilan yang secara fleksibel dapat diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan ke permasalahan lain (Istiana dan Indayati , 2009;17).

CTL (Contextual Teaching Learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa yang mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari (Depdiknas, 2002;1), oleh sebab itu, penggunaan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna Kelas IV Semester II di MINU Pucang Sidoarjo merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa, sehingga menunjang prestasi dan pemahaman siswa terhadap materi Asmaul Husna..................baca selengkapnya makalah ini langsung dari sumber aslinya.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.