Monday, April 2, 2012

Laporan PTK: Pembelajaran Kooperatif STAD

Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemudahan para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi saya di sini, maka dengan senang hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin)

Sumber:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam
Volume 01, Nomor 01, Juni 2010
H a l a m a n 1 1 - 2 4

Judul:
Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak melalui Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division pada Siswa-Siswi Kelas V/b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010


Oleh:
Imam Zarkasyi
MI Al-Hidayah, Mojokerto

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa-siswi kelas V-b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo melalui cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division), serta untuk mengetahui respon siswa terhadap materi Akidah Akhlak dengan metode cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division). Rumusan masalahnya adalah a) apakah pembelajaran cooperative learning model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak?, b) bagaimana respon siswa dalam menerapkan metode pembelajaran cooperative learning model STAD?. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V-b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu siklus I (61,78%, siklus II (71,79%, siklus III (71,42%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode cooperative learning model STAD berpengaruh positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Kooperatif model STAD

PENDAHULUAN
Guru mempunyai tanggung jawab besar terhadap keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sebagai komponen langsung yang terjun di dunia pendidikan guru mempunyai kewajiban yang tidak ringan di dalam mendidik siswa-siswinya di sekolah. Karena sesuai tugas dan peranan guru. (Slavin, Robert E, 2008;34).

Dengan berkembangnya kebudayaan yang meliputi teknologi, perkembangan jumlah anak yang memerlukan pendidikan disertai dengan keinginan manusia untuk serba cepat dalam segala hal membawa pengaruh pula atas tugas dan peranan guru. Natawidjaja juga menyatakan dengan semakin bertambahnya isi pengetahuan yang harus diberikan guru ditambah lagi dengan bertambahnya jumlah murid, bertambahnya tugas guru baik karena alasan sosial dan ekonomis maka harus ada jalan keluar. Salah satu jalan keluar itu adalah penggunaan metode cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) untuk keperluan proses pengajaran. ..............baca selengkapnya malakah/jurnal penelitian/laporan penelitian Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak melalui Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division pada Siswa-Siswi Kelas V/b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010 ini langsung dari sumber aslinya di sini.


Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.

Sponsor Kami