Tema atau Area Penelitian Di Bidang Pendidikan

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Wednesday, July 17, 2013

Tema atau Area Penelitian Di Bidang Pendidikan

Melanjutkan artikel-artikel tentang teori penelitian, kali ini blog Penelitian Tindakan Kelas dan Model-Model Pembelajaran akan menyuguhkan pemikiran Wina Sanjaya yang merupakan guru besar dalam bidang kurikulum dan pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia tentang tema atau area penelitian ilmiah di bidang pendidikan. Yuk disimak.

Tema atau Area Penelitian Di Bidang Pendidikan

Menurut Wina Sanjaya dalam bukunya yang berjudul  Penelitian Pendidikan- Jenis, Metode dan Prosedur yang diterbitkan oleh Kencana Prenada Media Group tahun 2013, tema atau area yang dapat digarap pada penelitian pendidikan dapat dilihat dari berbagai aspek yaitu: (1) sistem pendidikan; (2) input; (3) proses; (4) output; (5) tri pusat pendidikan; (6) bidang pendidikan; dan (7) mata pelajaran/bidang studi.

Sistem Pendidikan

Bila dilihat dari aspek yang pertama yaitu sistem pendidikan, maka kita dapat melihat bahwa pendidikan terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Komponen-komponen sistem pendidikan tersebut meliputi input, proses, dan output. Sistem pendidikan sendiri digambarkan sebagai skema berikut:
Skema sistem pendidikan
Skema sistem pendidikan

Input

Jika diurai seperti skema sistem pendidikan, maka tema atau area penelitian dari komponen input sendiri dapat dibedakan menjadi: (1) siswa / mahasiswa / peserta didik; (2) guru / dosen / pengajar; (3) kurikulum yang dipakai; (4) sarana / prasarana / fasilitas pendidikan; (5) lingkungan belajar; (6) dsb.

Proses

Penelitian pendidikan pada area proses dapat dibedakan menjadi tema / area: (1) macam-macam strategi pembelajaran; (2) macam-macam model pembelajaran; (3) macam-macam media pembelajaran; (4) performa guru atau siswa / mahasiswa / peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar; (5) penerapan teori-teori pembelajaran; (6) manajemen dan pengelolaan kelas; (7) dsb.

Output

Adapun penelitian pendidikan pada area output (keluaran) dapat lagi dikelompokkan menjadi penelitian pendidian dalam hal : (1) performa lulusan suatu lembaga pendidikan / sekolah / universitas; (2) kinerja lulusan; (3) kesesuaian kemampuan lulusan dengan kompetensi yang diharapkan dikuasai oleh lulusan; (4) sistem evaluasi yang digunakan; (5) bermacam-macam alat / instrumen evaluasi; (6) dsb.

Tri Pusat Pendidikan

Secara sudut pandang penyelenggaraan pendidikan, maka penelitian pendidikan dapat dilakukan pada area atau tema: (1) pendidikan informal yaitu pendidikan yang dilakukan di dalam keluarga; (2) pendidikan nonformal, yaitu pendidikan yang penyelenggaraannya dilakukan oleh masyarakat; dan (3) pendidikan formal, yaitu pendidikan persekolahan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Bidang Pendidikan

Apabila kita meninjau penelitian pendidikan berdasarkan bidang-bidang pendidikan itu sendiri, maka kita akan mendapati tema-tema atau area seperti: (1) kurikulum dan pembelajaran; (2) manajemen pendidikan; (3) psikologi pendidikan dan bimbingan konseling; (4) pendidikan luar sekolah; (5) pendidikan khusus; dan (6) pendidikan dasar dan pendidikan lanjutan.

Mata Pelajaran/Bidang Studi

Penelitian pendidikan yang dilakukan bisa pula ditinjau berdasarkan mata pelajaran / bidang studi, misalnya: (1) pendidikan moral dan humaniora; (2) pendidikan IPS dan berbagai turunan / variasinya; (3) pendidikan MIPA dengan berbagai turunan dan variasinya; (4) pendidikan bahasa dengan berbagai variasi dan turunannya; (5) pendidikan olahraga dan kesehatan beserta variasi dan turunannya.

Demikian posting blog Penelitian Tindakan Kelas dan Model-Model Pembelajaran  tentang tema atau area penelitian ilmiah di bidang pendidikan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...