Contoh Lembar Observasi Frekuensi, Penyebaran, dan Kualitas Pertanyaan Siswa dalam Pembelajaran

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Monday, July 30, 2012

Contoh Lembar Observasi Frekuensi, Penyebaran, dan Kualitas Pertanyaan Siswa dalam Pembelajaran

Contoh Lembar Observasi Frekuensi, Penyebaran, dan Kualitas Pertanyaan Siswa untuk PTK

Saat kegiatan MGMP di tempat saya beberapa hari yang lalu, ada seorang guru yang punya ide untuk meneliti melalui penelitian tindakan kelas (PTK) berkaitan dengan pertanyaan siswa. Penelitiannya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan salah satu indikatornya adalah adanya peningkatan frekuensi, penyebaran, dan kualitas pertanyaan yang diajukan oleh siswa.

Ketika sampai ke rumah dan ada waktu senggang, saya kepikiran bahwa ide penelitian tindakan kelas beliau itu bagus juga. Suatu pembelajaran yang berkualitas dapat dilihat salah satunya dari aspek pertanyaan yang dilontarkan siswa selama pembelajaran. Makin banyak siswa bertanya dapat diasumsikan makin aktif pembelajaran itu, pun bila siswa yang bertanya menyebar (tidak siswa yang itu-itu saja yang bertanya), juga kualitas pertanyaan itu sendiri apakah berada pada level c1 saja, ataukah pada level yang lebih tinggi.

Seandainya saya akan menggali data, sebagaimana yang kawan guru di MGMP tadi inginkan, maka saya akan menggunakan lembar observasi yang kira-kira dapat efektif menjaring semua data yang dibutuhkan tersebut. Setelah dirancang-rancang, akhirnya saya menemukan format seperti di bawah ini. Sebagai catatan, lembar observasi/pengamatan frekuensi, penyebaran, dan kualitas pertanyaan yang saya buat ini hanya contoh saja. Mungkin anda dapat merancang lembar observasi pertanyaan siswa yang lebih baik.



contoh lembar observasi ptk
hal 1

contoh lembar observasi ptk
hal 2
Silakan klik di link berikut: Lembar Pengamatan/Observasi Frekuensi, Penyebaran, dan Kualitas Pertanyaan Siswa untuk mendownload filenya dari ziddu. Anda juga dapat mengklik gambar untuk memperbesar ukuran, untuk sekilas melihat tampilan lembar observasi tersebut dalam format jpeg. Semoga bermanfaat.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...