Lembar Observasi Keterampilan Kooperatif Siswa

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Friday, July 6, 2012

Lembar Observasi Keterampilan Kooperatif Siswa

Contoh Lembar Observasi Keterampilan Kooperatif Siswa

Beberapa waktu yang lalu, di blog ptk ini telah dipublikasikan Lembar Observasi kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Kooperatif. Nah, kali ini kami akan memposting lembar observasi keterampilan kooperatif siswa. Tahu kan apa itu keterampilan kooperatif? Keterampilan kooperatif adalah keterampilan yang harus diajarkan kepada siswa saat guru menerapkan pembelajaran kooperatif di kelasnya.

Fungsi dan Jenis Keterampilan Kooperatif

Keterampilan kooperatif ini berfungsi untuk melancarkan hubungan kerja dan tugas, sehingga merupakan keterampilan yang dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan ini bagus dikuasai oleh siswa karena akan dipakai sepanjang hayat oleh mereka. Menurut Lundgren (1994), ada banyak keterampilan kooperatif yang dapat dilatihkan kepada siswa saat guru melaksanakan pembelajaran kooperatif. Dan, pada dasarnya, keterampilan-keterampilan kooperatif itu dapat dikelompokkan menjadi keterampilan kooperatif tingkat awal, keterampilan kooperatif tingkat menengah, dan keterampilan kooperatif tingkatmahir (lanjut).

Download Contoh Lembar Observasi Keterampilan Kooperatif Siswa

Jadi, bagi anda yang sedang melakukan PTK (penelitian Tindakan Kelas) yang berkaitan dengan pembelajaran kooperatif, ada baiknya juga meneliti aspek keterampilan kooperatif yang telah dikuasi siswa saat pembelajaran sedang berlangsung. Untuk mengamatinya (menjaring data yang diperlukan) berkaitan dengan keterampilan kooperatif ini, anda dapat menggunakan instrumen .penggali data berikut: Lembar Observasi Keterampilan Kooperatif Siswa. Silakan download di sini ya....LEMBAR OBSERVASI KETERAMPILAN KOOPERATIF SISWA

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...