Buat Siswa Memahami Bacaan Melalui Pertanyaan Guru

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Saturday, July 28, 2012

Buat Siswa Memahami Bacaan Melalui Pertanyaan Guru

Guru dan Pertanyaan

Pertanyaan-pertanyaan guru yang dilontarkan saat siswa sedang belajar atau mempelajari sebuah teks seperti buku paket akan sangat bermanfaat buat mereka. Pertanyaan guru akan membantu mereka agar dapat lebih memahami teks tersebut. Hal ini terjadi karena, dengan diberi pertanyaan maka siswa akan:
  • Memberikan siswa tujuan/acuan dalam membaca.
  • Membuat mereka lebih fokus dan perhatian terhadap pelajaran atau materi pelajaran.
  • Memabntu siswa menjadi aktif secara mental saat mereka sedang membaca.
  • Merangsang siswa untuk selalu belajar memonitor pemahamannya sendiri terhadap bacaan yang sedang digelutinya.
  • Membantu siswa menghubungkan apa yang mereka baca dengan pengetahuan yang telah mereka miliki sebelumnya.
  • dsb.
Untuk mencapai tujuan-tujuan guru melontarkan pertanyaan saat siswa sedang membaca buku atau teks sebagaimana di sebut di atas, maka guru dapat melontarkan pertanyaan dengan level sederhana hingga level yang benar-benar memicu mereka untuk aktif berpikir.

Beberapa pertanyaan yang dapat dilontarkan oleh guru:

  1. Pertanyaan yang jawabannya langsung tertulis di dalam teks yang sedang dibaca. Jadi untuk menjawab pertanyaan ini, siswa hanya perlu menemukan satu atau beberapa kalimat yang dapat dikutip atau dibaca langsung dari buku atau teks yang ada ditangan mereka.
  2. Pertanyaan yang menuntut mereka untuk berpikir dan mencari. Sebenarnya jenis pertanyaan ini dibuat berdasarkan beberapa fakta yang ada di dalam bacaan. Tetapi biasanya letaknya ada beberapa tempat atau bagian teks, sehingga memerlukan kejelian siswa dalam menemukan dan saling mengubungkannya untuk membuat kalimat sendiri. Hal ini tentu menuntut sedikit pemikiran dari mereka.
  3. Pertanyaan yang meminta siswa menghubungkan apa yang telah mereka baca dengan pengetahuan mereka sebelumnya (pengetahuan awal yang telah mereka miliki). 
  4. Jadi pada prinsipnya, mereka harus terlebih dahulu memahami isi teks atau bacaan, baru kemudian menghubungkannya dengan pengetahuan awal mereka.
  5. Pertanyaan yang didasarkan pada pengetahuan awal siswa dan pengalaman mereka. Ketika siswa diberi pertanyaan demikian, maka mereka akan berusaha mencari jawaban pada teks yang sebenarnya tidak ada di sana, atau mereka tak akan dapat menjawab pertanyaan itu meskipun mereka memahami teks atau bacaan yang sedang digeluti.Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa sebenarnya hanya perlu mengungkapkan pengalamannya dan pengetahuan yang telah mereka miliki.  
Demikian artikel tentang Cara Membuat Siswa Memahami Bacaan Melalui Pertanyaan dari blog ptk dan model pembelajaran, semoga manfaat.

(referensi: readingrocket.org)
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...