Ciri-Ciri Kelas dengan Suasana Positif Yang Mendukung Pembelajaran

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Sunday, July 22, 2012

Ciri-Ciri Kelas dengan Suasana Positif Yang Mendukung Pembelajaran

Tinjauan Umum Ciri-Ciri Kelas dengan Suasana Positif Yang Mendukung Pembelajaran

Pada tulisan sebelumnya, blog penelitian tindakan kelas ini telah mempublikasikan cara untuk menciptakan suasana positif dalam kelas. Sebagaimana semua guru telah ketahui dan maklumi, kelas dengan suasana positif sangat penting bagi pembelajaran. Kelas semacam ini akan memberikan perasaan yang nyaman bagi siapapun yang berada di dalamnya: semua siswa yang sedang belajar dan guru yang sedang mengajar. Kelas dengan suasana positif ini mempunyai ciri-ciri khusus, yang sekilas saja kita bisa merasakannya. Ciri-ciri khusus ini bukan seperti ruangan sejuk ber-AC, meja guru dan siswa yang bening  dan licin, atau lantai ubin yang mengilap .

Ciri-ciri kelas dengan suasana positif

Lalu, apa saja ciri-ciri kelas dengan suasana positif yang mendukung untuk pembelajaran ini? Berikut beberapa di antaranya:

Senyum dan jabat tangan.

Mungkin anda tersenyum saat membacanya: Senyum dan jabat tangan. Seberapa pentingkah ini? Tentu saja sangat penting. Adanya senyum dan keramahtamahan serta jabat tangan menunjukkan bahwa kelas tersebut secara emosional berada dalam kondisi baik. Pembelajaran akan sangat membutuhkan suasana emosional yang baik, sehingga dapat berjalan menuju tujuan yang ingin dicapai.

Hubungan positif. 

Aspek penting lain yang menunjukkan bahwa sebuah kelas mempunyai suasana positif adalah adanya hubungan positif antar komponen atau anggota kelas, termasuk guru. Siswa akan merasa sangat nyaman apabila guru menunjukkan bahwa ia yakin siswa mampu belajar sesuai harapannya. Demikian pula guru, akan menjadi lebih merasa nyaman, apabila siswa tampak antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Fokus terhadap pembelajaran. 

Suasana kelas yang baik juga dapat dilihat dari bagaimana siswa memfokuskan diri pada kegiatan pembelajaran. Apabila seluruh komponen kelas bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran, maka pencapaian tujuan pembelajaran adalah hal yang amat mudah untuk diperoleh.

Kesalahan dalam belajar adalah hal lumrah. 

Berapa banyak siswa yang menyoraki siswa lain apabila ia melakukan kesalahan dalam belajar di kelas Anda? Perlu dicatat, kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam belajar adalah hal yang amat lumrah dan manusiawi. Apabila sebuah kelas justru mempermalukan siswa yang sedang belajar, maka dapat dipastikan bahwa kelas tersebut bukanlah tempat yang nyaman untuk belajar.

Tertantang dan didukung untuk mengembangkan intelektualitas. 

Apakah siswa di dalam kelas tampak tertantang dengan tugas yang diberikan? Apakah guru memberikan dukungan untuk mengembangkan intelektualitas? Sebuah kelas dengansuasana positif akan menunjukkan betapa tertantang dan bersemangatnya siswa mengerjakan tugas-tugas belajar yang diberikan.

Disiplin. 

Disiplin adalah sebuah kunci menuju keberhasilan. Jika sebuah kelas menunjukkan terbentuknya disiplin secara nyata dalam setiap detik waktu pembelajaran, maka dapat keberhasilan pembelajaran hanya langkah kecil yang harus dicapai.

Kolaborasi. 

Tampakkah kolaborasi antara siswa di dalam kelas? Kolaborasi memungkinkan mereka secara bersama mencapai tujuan pembelajaran. Siswa yang satu saling bantu dengan siswa yang lain. Tujuan pembelajaran akan lebih dicapai, jika kelas menunjukkan adanya kolaborasi yang nyata.

Kegembiraan. 

Belajar dengan hati sedih atau keterpaksaan? Tentu bisa dibayangkan bagaimana hasilnya. Buatlah kegembiraan senantiasa hadir di dalam kelas untuk menciptakan suasana positif. Kelas yang di dalam penuh dengan siswa-siswa berhati riang akan lebih mudah belajar. Bukankah demikian?

    No comments:

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...