Membuat Siswa Fokus pada Pembelajaran - Aspek Perencanaan

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Tuesday, July 17, 2012

Membuat Siswa Fokus pada Pembelajaran - Aspek Perencanaan

Pentingnya Fokus Perhatian Siswa pada Pembelajaran

Perhatian yang diberikan siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang sedang dilangsungkan di sebuah kelas amat penting bagi keberhasilan mereka mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satu aspek yang cukup menentukan keberhasilan seorang guru dalam membuat siswa tetap fokus pada pembelajaran adalah saat perancangan pembelajaran dilakukan. Rancangan dan perencanaan yang matang akan sangat berpengaruh pada keberhasilan guru meraih dan menjaga agar siswa tetap memperhatikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Instrumen untuk Mengevaluasi Rencana Pembelajaran

Untuk mencek apakah rencana pembelajaran yang guru susun sudah cukup baik dapat digunakan instrumen ceklis yang disusun dalam beberapa pertanyaan berikut:
  1. Apakah pembelajaran yang telah dirancang memfasilitasi siswa untuk menerapkan keterampilan-keterampilan berpikir (thinking skills)?
  2. Apakah materi pelajaran yang telah dipersiapkan untuk disajikan cukup menantang dan menarik sehingga dapat mempertahankan minat mereka terhadap materi tersebut?
  3. Apakah media pembelajaran yang akan digunakan menarik dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran, alih-alih membosankan?
  4. Apakah pembelajaran yang telah dirancang akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih menggunakan kemampuan mereka dalam berbicara dan menulis?
  5. Apakah pembelajaran yang akan dilakukan berdasarkan rancangan pembelajaran itu sesuai dengan usia, tingkat kemampuan, dan budaya?
  6. Apakah tujuan pembelajaran telah sesuai dengan tuntutan kurikulum?
  7. Apakah pembelajaran yang dirancang tersebut akan mampu membentuk siswa menjadi pribadi yang berkarakter pebelajar sepanjang hayat (lifelong learner)?
  8. Apakah pembelajaran yang akan dilaksanakan mengakomodasi kemungkinan untuk dilakukan evaluasi?

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...