Asumsi Tentang Belajar dan Pembelajaran
untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru
Monday, July 23, 2012
Asumsi Tentang Belajar dan Pembelajaran
Labels:
teori belajar
Program pendidikan/pembelajaran hanya memberikan satu langkah kepada individu dalam perubahan tingkah lakunya (belajar). Adopsi hasil belajar itu sendiri tergantung dari banyak faktor. Langkah berikutnya yang dibutuhkan agar terjadi adopsi antara lain adanya akses fasilitas untuk berlatih, kondisi lingkungan, karakteristik keluarga untuk memberikan penguatan terhadap perubahan tingkah laku, dsb.
Proses belajar/pembelajaran akan terjadi jika hanya siswa terlibat aktif. Jadi saat seorang guru harus memilih metode/strategi/model pembelajaran, maka ia harus memilih yang paling mungkin akan melibatkan siswa lebih dalam pada proses belajar tsb. Sedangkan penggunaan beragam metode/strategi/model akan memelihara minat dan motivasi mereka, serta membantu penguatan penguasaan konsep-konsep tanpa harus melalui banyak pengulangan.
Penelitian akhir-akhir ini ternyata menunjukkan bahwa prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran orang dewasa juga cocok untuk anak-anak atau remaja. Contohnya, baik orang dewasa maupun anak dan remaja, lebih suka jika mereka ikut terlibat langsung (aktif) dalam proses/kegiatan belajar; mereka belajar lebih cepat jika mereka merasa bahwa apa yang sedang dipelajari akan bermanfaat di kemudian hari. Peran guru adalah mengasses minat peserta didik, pengetahuan yang telah dimiliki sebelum pembelajaran, dan tujuan pembelajaran. Informasi yang diperoleh dari ketiga kegiatan tersebut seharusnya digunakan untuk menciptakan atmosfer belajar dan memilih metode/strategi yang paling memuaskan dan efektif bagi mereka.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Popular Posts
- Contoh Soal TAP S1 PGSD UT (2)
- Sintaks Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
- Langkah-Langkah Menyusun dan Contoh Instrumen Penilaian Afektif
- Contoh Soal TAP S1 PGSD UT
- Contoh Jawaban Soal TAP S1 PGSD UT
- Cara Menyusun Kerangka Berpikir pada Proposal atau laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
- PTK : Cara Menulis Latar Belakang Masalah
- Cara Membuat Lembar Observasi : Contoh 1
- PTK : Cara Menulis Rumusan Masalah
- Cara Menyusun Instrumen Penilaian Psikomotor
No comments:
Post a Comment