Cara Menciptakan Suasana Positif dalam Kelas Anda

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Sunday, July 22, 2012

Cara Menciptakan Suasana Positif dalam Kelas Anda

Anda guru kelas baru yang belum terlalu bagus mengelola kelas? Atau Anda adalah seorang guru yang ingin memperbaiki suasana kelas Anda sehingga pembelajaran yang berlangsung di dalamnya menjadi lebih efektif dari sebelumnya? Berikut ini blog ptk dan model pembelajaran memberikan tiga (3) cara untuk menciptakan (dan tentu saja menjaga) suasana kelas Anda agar senantiasa positip bagi pembelajaran:

3 Cara Menciptakan Suasana Positif dalam Kelas Anda

Peduli dengan kemajuan dan keberhasilan pembelajaran siswa

Selalu yakinkan kepada siswa Anda, bahwa Anda selalu peduli dengan kemajuan dan keberhasilan pembelajaran mereka. Kebanyakan siswa membutuhkan perhatian dari guru. Kehadiran guru di dalam kelas sangat penting bagi mereka. Bila Anda seorang wali kelas yang baik, selalulah membiasakan diri untuk rutin menjenguk kondisi siswa Anda di kelas. Berikan perhatian terhadap tugas-tugas yang telah diberikan guru-guru lain kepada mereka, tanyakan bagaimana PR yang diberikan, berapa nilai yang diperoleh, atau berapa banyak dari mereka yang membutuhkan pembelajaran remedial, dsb. Bersikaplah peduli dan tunjukkan dengan tulus bahwa Anda senang jika siswa di kelas asuhan Anda sukses.

Ajarkan kepada siswa Anda bagaimana berperilaku di dalam kelas

Berikan waktu khusus untuk mengajarkan kepada siswa Anda bagaimana berperilaku di dalam kelas.  Ada banyak siswa yang membutuhkan hal ini. Itu terjadi karena pada beberapa dari mereka mempunyai kehidupan yang amat berbeda, tentang bagaimana bersikap dan berperilaku yang baik, juga di dalam kelas. Seringkali beberapa siswa berasal dari keluarga amburadul yang sama sekali tak memperhatikan tata krama. Biasakan mereka untuk selalu berdisiplin. Ajari mereka manajemen waktu dan kegiatan sehingga tugas-tugas belajar yang diberikan di sekolah dapat dilaksanakan dengan baik oleh mereka.

Atasi masalah dengan ketegasan

Atasi siswa yang bermasalah di kelas Anda dengan suara dan tindakan yang tegas tetapi tetap menunjukkan rasa sayang dan peduli. Kebanyakan guru menjadi frustasi dengan perilaku tak pas atau kenakalan siswa mereka. Semakin frustasi Anda menghadapi tingkah polah mereka, semakin tertutup pemikiran kreatif Anda untuk menyelesaikan masalah yang timbul. Jika ada siswa Anda yang menimbulkan masalah atau melakukan kenakalan, maka tegur ia dengan suara yang tegas dan tunjukkan wibawa Anda. Katakan padanya bahwa guru juga manusia, sehingga apabila perilaku dan tingkah polah mereka mengganggu dan tidak cocok dengan pembelajaran dan tata tertib sekolah,maka guru juga bisa marah atau jengkel. Nasihati mereka baik-baik. Tunjukkan rasa sayang Anda kepada mereka, dan beri kesan bahwa jauh di lubuk hati Anda, Anda selalu membela mereka, seberapun besar kesalahan mereka.


Terimakasih telah membaca artikel: Cara Menciptakan Suasana Positif Dalam Kelas Anda. Semoga bermanfaat.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Beli Buku Secara Online, ada beragam jenis dari ribuan koleksi

Penelitian Tindakan KelasPenelitian Tindakan KelasLangkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi GuruMetode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan DosenModel Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)Model-Model Pembelajaran Inovatif dan EfektifModel Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan EfektifMedia Pembelajaran Aktif: Bukunya Para GuruPengantar Evaluasi Pendidikan: Berdasarkan. Teori tes Klasik dan Modern Toko Buku Online