Mengapa Metode Mengajar Harus Bervariasi ?

untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru

Tuesday, July 17, 2012

Mengapa Metode Mengajar Harus Bervariasi ?

5 Alasan Mengapa Metode Mengajar Harus Bervariasi

Apakah sebagai seorang guru anda selalu berusaha untuk menyajikan pembelajaran dengan metode yang bervariasi? Atau jangan-jangan selama ini, anda monoton menggunakan satu atau dua jenis metode mengajar saja? Mudahan-mudahan saat mengajar, anda tak hanya rutin menggunakan metode mengajar yang itu-itu saja. Mengapa melaksanakan pembelajaran dengan berbagai variasi metode itu sangat penting? Alasannya, simak uraian berikut.

Jenis Materi Pembelajaran Bervariasi

Alasan yang pertama, seringkali sebuah metode mengajar hanya cocok untuk suatu jenis materi pelajaran tertentu. Misalnya, jika anda seorang guru IPA, maka anda tidak akan dapat mengajarkan keterampilan proses IPA dengan menggunakan metode ceramah. Untuk mengajarkan keterampilan proses IPA, guru sebaiknya menggunakan metode inkuiri. Nah, sementara di kelas kita ada beragam jenis materi pembelajaran yang harus diberikan kepada siswa.

Setiap Siswa Memiliki Beragam Gaya Belajar

Alasan yang kedua, metode mengajar tertentu hanya cocok untuk siswa yang memiliki gaya belajar tertentu. Jika guru hanya menggunakan satu macam metode, maka dapat dipastikan siswa-siswa yang memilki gaya belajar tertentu akan menjadi bosan dan tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Taruh contoh begini, jika guru mengajar dengan metode ceramah dengan menggunakan media pembelajaran berupa presentasi power point, maka siswa yang akan cocok adalah siswa dengan gaya belajar audio-visual. Lalu bagaimana siswa dengan gaya belajar kinestetik? Pastinya mereka akan merasa tersiksa sekali saat mengikuti pembelajaran anda.
metode pembelajaran yang bervariasi
Metode Mengajar yang Bervariasi Sangat Penting Bagi Pembelajaran

Memodelkan Kreativitas Kepada Siswa

Alasan ketiga, saat guru berusaha menggunakan beragam metode mengajar dengan berbagai variasi, maka guru secara tidak langsung menjadi model yang memiliki jiwa kreatif. Kreativitas guru dan semangat yang terpancar pada saat ia mengajar dengan menggunakan berbagai variasi metode mengajar tadi akan menjadi teladan bagi siswa. Percayalah, siswa juga akan menjadi lebih kreatif.

Siswa akan Memiliki Pemahaman yang Mendalam

Alasan yang keempat, penggunaan berbagai variasi metode mengajar yang sesuai dengan materi pembelajaran akan membuat siswa memililiki pemahaman yang lebih mendalam tentang materi tersebut. Mereka tak hanya sebagai manusia penghafal, tapi kemungkinan besar juga akan mampu mengaplikasikan pengetahuannya pada kehidupan nyata. Melalui hal tersebut siswa akan memiliki pengalaman belajar yang lebih bermakna (meaningful learning)

Mendorong Siswa Agar Lebih Aktif

Alasan kelima adalah, siswa akan terbantu mengekspresikan berbagai perasaan mereka saat guru menggunakan beragam metode mengajar. Mengekspresikan perasaan akan dapat siswa lakukan dengan berbagai cara, sebagai dampak dari penggunaan metode mengajar yang bervariasi. Ini akan membuat siswa mengikuti pembelajaran dengan sukarela dan bersemangat untuk berpartisipasi aktif. Mereka akan berpikir secara mandiri, dan secara tanpa sadar mereka telah tenggelam dan terlibat aktif dalam pembelajaran anda.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.