Saturday, July 21, 2012

Cara Membuat Angket Penelitian

Membuat Angket Penelitian

Lagi bingung bagaimana cara membuat sebuah angket untuk penelitian? Ah gak usah deh. Berikut, posting kali ini mencoba memaparkan bagaimana caranya membuat sebuah angket penelitian. Penelitian apa saja yang dimaksud di sini? Penelitian yang dimaksud di sini tentu gak cuma penelitian tindakan kelas, tapi juga angket penelitian lain. Yuk kita simak. Semoga bermanfaat dan aplikatif.

3 Tahapan yang Harus Dilakukan untuk Membuat Angket Penelitian

Pada dasarnya, saat seorang peneliti ingin membuat atau mengembangkan sebuah angket penelitian, maka kegiatannya dapat dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu:
Menentukan pertanyaan apa yang ingin ditanyakanpada responden.
Menentukan tipe pertanyaan dan kata-kata yang akan digunakan dalam pertanyaan.
Mendesain layout/bentuk pertanyaan dan layout angket secara keseluruhan sebagai suatu kesatuan.
cara membuat angket penelitian
Bagaimana cara membuat angket penelitian?

Menentukan Pertanyaan

Kegiatan pertama, menentukan pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada responden.
Tahap ini sebenarnya merupakan tahap yang amat penting dalam pembuatan angket. Pertanyaan yang akan diajukan sangat erat kaitannya dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai,atau data apa yang ingin digali dari responden. Tahap ini melibat proses berpikir kreatif seorang peneliti dikombinasi dengan memperbanyak membaca literatur untuk memuncul ide-ide yang selaras dengan tujuan penelitian. Misalnya saja, ketika seorang peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat sebuah media pembelajaran presentasi power point menarik/tidak menarik bagi siswa, maka guru yang banyak membaca tentang bagaimana presentasi yang baik dibuat akan dapat menentukan pertanyaan yang tepat menuju tujuan penelitian. Misalnya:
  1. Apakah presentasi power point yang disajikan guru tadi mempunyai desain yang menarik?
  2. Apakah presentasi power point yang disajikan guru tadi dapat terbaca dengan mudah dari tempat dudukmu?
  3. Apakah ada komponen presentasi power point, misal gambar atau animasi yang mengganggumu dalam menangkap pesan pembelajaran?
  4. Dst.
Harap diperhatikan apakah pertanyaan yang telah dipilih untuk diajukan dalam angket kata-katanya sudah tepat (dipilih dengan seksama) agar tidak menimbulkan k esalahan penafsiran oleh responden, atau meragukan, atau bermakna ganda. Jika pertanyaan diberikan dengan pilihan kata yang tidak pas, bisa jadi data yang akan diperoleh akan bias.

Menentukan Jenis Pertanyaan

Kegiatan kedua, menentukan jenis/ bentuk pertanyaan yang akan digunakan, misalnya apakah berbentuk pertanyaan terbuka atau pertanyaan tertutup. Pertanyaan dengan banyak kemungkinan jawaban (ceklis) atau barangkali pertanyaan yang hanya meminta satu jawaban tunggal (bentuk pilihan ganda). Atau bahkan pertanyaan dengan respon jawaban dengan ranking (skor bergradasi dari skor terendah hingga skor tertinggi untuk pilihan jawaban tertentu ).

Mendesain / Layout Angket

Kegiatan ketiga, mendesain atau menentukan layout bagaimana pertanyaan disajikan, dan bagaimana layout keseluruhan angket secara utuh. Usahakan membuat desain yang menarik dari segi visual (tampilan), mudah dipahami, dan tidak menyulitkan responden untuk memberikan data (misalnya memberikan ruang yang cukup untuk menuliskan jawaban yang diminta).

Nah, semoga tulisan Cara membuat Angket Penelitian ini bermanfaat untuk Anda.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buku Rekomendasi Untuk Dibeli

Panduan Lengkap Uji Sertifikasi GuruModel-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa (Edisi 2)
Atau Beli Aneka Buku Lainnya di Toko Buku Online Terlengkap Afiliasi Kami Ini.

Sponsor Kami