Tips Motivasi Belajar Siswa (1)
Ada beberapa hal yang diinginkan siswa ketika seorang guru akan memasuki ruang kelas dan guru diharapkan nantinya untuk dapat memenuhi hal tersebut untuk menjaga agar siswa tetap termotivasi dalam belajar Menurut Ronald. W. Luee (1990) hal yang diinginkan siswa tersebut adalah: (1) Siswa ingin kebutuhan pribadinya dalan~ belajar terpenuhi Mereka ingin bakat dan kemampuan mereka dihargai oleh guru dalam kelas; (2) Siswa menginginkan guru yang benar‑benar menghargai mereka sebagai "manusia", yang peduli mereka bukan hanya guru yang selalu ingin mengevaluasi mereka; (3) Siswa ingin ditantang dengan pelajaran bukan menjatuhkan mereka; (4) Siswa ingin guru menjaga dan selalu mendukung mereka serta mengikuti perkembangan mereka secara individu; (5) Siswa menyukai guru yang bisa menyesuaikan diri dengan usia mereka, humoris dan bisa mengerti humor mereka; (6) Siswa menyukai cara menerangkan yang jelas dan lengkap serta memberikan contoh‑contoh yang konkrit.
Lana Becker dan Kent N. Schneider (2004 : 13) menyarankan beberapa peraturan agar tetap fokus dan termotivasi dalam belajar : (1) Menjelaskan kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan diajarkan; (2) Menyediakan media visual untuk mendukung materi pelajaran; (3) Menerangkan materi pelajaran secara logis dan dapat diterapkan; (4) Memberikan kegiatan didalam kelas segera setelah materi tersebut diajarkan; (5) Membantu siswa untuk menghubungkan pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang sedang diajarkan; (6) menghargai siswa ketika proses belajar sedang berlangsung. Apabila siswa merasa dihargai maka mereka akan memberikan usaha terbaiknya; (7) Memberikan standar belajar yang tinggi.
Ada beberapa hal yang diinginkan siswa ketika seorang guru akan memasuki ruang kelas dan guru diharapkan nantinya untuk dapat memenuhi hal tersebut untuk menjaga agar siswa tetap termotivasi dalam belajar Menurut Ronald. W. Luee (1990) hal yang diinginkan siswa tersebut adalah: (1) Siswa ingin kebutuhan pribadinya dalan~ belajar terpenuhi Mereka ingin bakat dan kemampuan mereka dihargai oleh guru dalam kelas; (2) Siswa menginginkan guru yang benar‑benar menghargai mereka sebagai "manusia", yang peduli mereka bukan hanya guru yang selalu ingin mengevaluasi mereka; (3) Siswa ingin ditantang dengan pelajaran bukan menjatuhkan mereka; (4) Siswa ingin guru menjaga dan selalu mendukung mereka serta mengikuti perkembangan mereka secara individu; (5) Siswa menyukai guru yang bisa menyesuaikan diri dengan usia mereka, humoris dan bisa mengerti humor mereka; (6) Siswa menyukai cara menerangkan yang jelas dan lengkap serta memberikan contoh‑contoh yang konkrit.
Lana Becker dan Kent N. Schneider (2004 : 13) menyarankan beberapa peraturan agar tetap fokus dan termotivasi dalam belajar : (1) Menjelaskan kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan diajarkan; (2) Menyediakan media visual untuk mendukung materi pelajaran; (3) Menerangkan materi pelajaran secara logis dan dapat diterapkan; (4) Memberikan kegiatan didalam kelas segera setelah materi tersebut diajarkan; (5) Membantu siswa untuk menghubungkan pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang sedang diajarkan; (6) menghargai siswa ketika proses belajar sedang berlangsung. Apabila siswa merasa dihargai maka mereka akan memberikan usaha terbaiknya; (7) Memberikan standar belajar yang tinggi.
2 comments:
beri kepercayaan pd mereka bahwa mereka bisa dan mampu,kasih anak didik kebebasan berexpresi dlm belajar dengan cara mereka,beri pengertian saat mereka menyimpang,bukan dipojokkan dan dihakimi,beri kesempatan utuk menganalisa kesalahan.
sebenarnya kebanyakan siswa tidak senang mengikuti suatu mata pelajaran, karena tidak mengerti, jadi dibutuhkan pengertian dari guru. maksudnya, guru harus bersikap ramah terhadap murid dan menghilangkan kesan "guru killer" agar murid bisa nyaman bertanya apabaila tidak mengerti suatu hal. karena siswa akan suka pelajaran tersebut bila sudah mudah mengerjakan soal-soal.
Post a Comment